Lumajang (Antaranews Jatim) - Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur akan memantau terus kondisi pasien yang menderita gizi buruk yakni Nur Aini di Desa Jatimulyo yang sudah mendapat penanganan oleh puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Lumajang dr Triworo Setyowati, Selasa, mengatakan kasus gizi buruk yang dialami balita Nur Aini di Desa Jatimulyo, Kecamatan Kunir telah mendapatkan penanganan yang baik dari pemerintah, mulai dari pemeriksaan awal oleh bidan, pemberian makanan tambahan, maupun rujukan rumah sakit.

"Menurut informasi dari Kepala Puskesmas, pasien itu sudah menderita gizi buruk sejak 2017 dan sejak ditemukan sudah diintervensi, melalui pemberian makanan tambahan (PMT), sudah dikunjungi pembina desa, bidan desa, sudah diintervensi, dan alhamdulillah sekarang tidak lagi gizi buruk, namun gizinya masih terus ditambah," katanya di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Permasalahan gizi buruk merupakan masalah yang diperhatikan dan ditangani dengan serius oleh pemerintah, sehingga pemerintah terus berupaya melakukan perbaikan dan pemenuhan gizi pada anak, seperti yang dilakukan Pemkab Lumajang terhadap Nur Aini, balita yang dilaporkan terkena gizi buruk.

Dengan perhatian dan penanganan yang tepat, kata dia, saat ini kondisi Nur Aini terus membaik dan sudah tidak termasuk balita gizi buruk, namun hanya saja gizinya masih perlu ditingkatkan lagi.

"Untuk itu, Pemkab Lumajang akan terus memantau kesehatan Nur Aini beserta keluarganya untuk memastikan kondisinya terus membaik," tuturnya.

Sementara Camat Kunir Sabar Santoso mengatakan pihak kecamatan, pemerintah desa dan Puskesmas Kunir sudah maksimal memberi bantuan kepada keluarga Bu Paenah yang anaknya menderita gizi buruk, khususnya penanganan gizi buruknya dan neneknya yang waktu itu menderita sesak napas.

"Awalnya kami konsentrasi pada penanganan gizi buruk anaknya dan syukur alhamdulillah kondisi kesehatannya sekarang sudah membaik dan juga neneknya, pada waktu itu juga menderita penyakit sesak, semua sudah tertangani," katanya.

Ia mengatakan pihak desa berswadaya akan membantu untuk memperbaiki kondisi rumah Bu Paenah yang rencananya dianggarkan tahun 2018, terutama untuk lantainya yang kini masih tanah.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018