Tulungagung (Antaranews Jatim) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur memastikan seluruh rangkaian tes kesehatan telah dilakukan oleh tiga pasangan bakal calon di RSAL dr Ramelan, dan hasilnya akan diserahkan ke KPU, Selasa (16/1).

"Alhamdulillah kemarin rangkaian pelaksanaan tes kesehatan berjalan lancar, dan semua pasangan calon bisa mengikuti seluruh tahapan hingga selesai. Sesuai jadwal hasilnya nanti akan disampaikan ke KPU, besok (Selasa, 16/1)," kata Ketua KPU Tulungagung Suprihno dikonfirmasi melalui telepon, Senin.

Namun hasil tes kesehatan yang didapat dari tim dokter IDI di RSAL dr Ramelan tersebut tidak serta merta bisa langsung dipublikasikan.

Menurut keterangan Suprihno, hasil tes kesehatan baru akan diumumkan oleh KPU keesokan harinya (Rabu, 17/1), bersamaan dengan hasil "coklit" (pencocokan dan penelitian) atas berkas persyaratan masing-masing calon, salah satunya berkaitan dengan ijazah SMA.

"Itu tanggal 11-16 itu kami lakukan penelitian berkas pencalonan, terutama berkas pendidikan semua calon, yang hasilnya nanti juga akan kami umumkan bersamaan dengan (pengumuman) hasil tes kesehatan," ujarnya.

Jika dari hasil coklit ditemukan ada ijazah atau berkas yang dinyatakan belum lengkap atau belum memenuhi syarat, kata Suprihno, calon masih diberi kesempatan melakukan perbaikan berkas.

Semisal ada salinan berkas ijazah yang dilampirkan belum dilegalisir, maka calon diberi kesempatan memperbaiki mulai 18-20 Januari.

Namun jika batas waktu masa perbaikan tetap ada kekurangan persyaratan sesuai ketentuan, maka KPU bisa memberikan kesimpulan berkas tidak memenuhi syarat.

"Misal ada ijazah (calon) yang pihak sekolah tidak mengakui, ya kami akan lakukan konfirmasi. Dan jika yang bersangkutan tidak bisa membuktikan maka akan dinyatakan ijazah tidak memenuhi syarat," ujarnya.

Sebagaimana dilansir dari situs kpu-tulungagungkab.go.id, Ketua Pelaksana Pemeriksaan Kesehatan pasangan calon Pilkada Jatim RSAL dr Ramelan Surabaya Kolonel Laut I Ketut Tirka Nandaka mengatakan hasil tes kesehatan akan diserahkan ke KPU masing masing, termasuk Tulungagung pada Selasa (16/1).

"Hasil tes bebas narkoba dan kesehatan jasmani dan rohani akan diberikan kepada KPU enam daerah pada Selasa 16 Januari besok, "ujarnya.

Seperti diketahui, selain Kabupaten Tulungagung, paslon dari Jombang, Nganjuk, Sampang, Bangkalan dan Pamekasan juga menjalani tes kesehatan di RSAL dr Ramelan Surabaya.

KPU merekomendasikan tiga rumah sakit tipe A di Jawa Timur.

Selain RSU dr Soetomo Surabaya dan RSU dr Syaiful Anwar Malang, salah satunya adalah RSAL dr Ramelan Surabaya.

Menurut Tirka proses pemeriksaan relatif lancar. Semua berjalan sesuai rencana tanpa hambatan.

"Pemeriksaan sesuai dengan keinginan KPU sebagai standar untuk pencalonan kepala daerah, "terang Tirka.

Dalam kegiatan medis ini KPU menggandeng IDI dan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) serta Badan Nasional Narkotika (BNN).

Sehari sebelum menjalani tes kesehatan jasmani, semua paslon diwajibkan berpuasa. *(*)

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018