Surabaya (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kota Surabaya akan melengkapi Taman Harmorni di Keputih Tegal, Kecamatan Sukolilo dengan sejumlah fasilitas umum di antaranya jogging track.
     
Sekretaris Kota (Sekkota) Surabaya Hendro Gunawan, di Surabaya, Jumat, mengatakan pihaknya telah melakukan perluasan Taman Harmoni dengan menertibkan puluhan bangunan liar di sekitar kawasan tersebut.

"Penertiban ini dilakukan agar lahan bisa segera siap dibangun di awal tahun 2018," katanya.

Menurut dia, dalam perencanaan, kawasan tersebut akan difungsikan sebagai ruang terbuka hijau.  Adapun fasilitas umum yang disiapkan antara lain jogging track, arena bermain dan juga arena taman untuk rekreasi untuk keluarga. 

Selain itu, lanjut dia, juga akan ada lapangan tenis, lapangan basket, water playground, food court dan plasa terbuka. Selain itu juga akan ada amphitheatre. 

"Rencananya semua lahan eks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Keputih itu akan kami buat taman. Tapi secara bertahap," kata Hendro. 

Ia mengatakan total lahan eks TPA Keputih itu ada sebesar 55 hektare, namun sekarang masih termanfaatkan sekitar 4 hektare saja.  Sehingga ke depan, lanjut dia, akan diperluas untuk pembangunan ruang terbuka untuk ruang publik bagi masyarakat Surabaya. 

Menurut Hendro, pembangunan taman ini Pemkot Surabaya tidak sendirian, melainkan ada bagian dari perluasan taman ini yang dibantu oleh pihak swasta yaitu dari United Cities and Local Governments (UCLG). 

"Yang dibantu UCLG itu tepatnya yang ada di eks insenerator. Saat ini di eks tempat pembakaran sampah itu sudah sebagian jadi.  Sedangkan nanti kelanjutannya akan dikerjakan oleh Pemkot Surabaya dengan anggaran dari APBD Surabaya 2018," katanya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017