Trenggalek (Antara Jatim) - Volume kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata pesisir Tulungagung dan Trenggalek, Jawa Timur, mengalami peningkatan signifikan selama musim libur Natal.
    
Lonjakan pengunjung setidaknya terpantau di objek wisata Pantai Cengkrong, Prigi, Pasir Putih atau Pantai Karanggongso hingga Pantai Gemah di Tulungagung pada sepanjang Senin pagi hingga sore.
    
"Selalu ada tren peningkatan volume kunjungan setiap libur Natal dan Tahun Baru, sehingga tiketing kami buka sejak sekitar sepekan lalu, terhitung mulai libur sekolah," kata Sudarminto, koordinator bagian tiket Pantai Cengkrong di Trenggalek.
    
Hasil pencatatan yang dia lakukan, volume kunjungan wisatawan terus berfluktuasi dan meningkat.
    
Angka tertinggi penjualan tiketing terjadi pada Minggu (24/12), hari ini sedikit turun. Tapi biasanya melonjak tajam menjelang dan pada H+1 dan H+2 tahun baru," katanya.
    
Di Pantai Prigi dan Karanggongso atau Pasir Putih kepadatan pengunjung terpantau lebih tinggi. Arus kendaraan dilaporkan mengantre untuk masuk dua objek wisata pesisir yang menjadi unggulan daerah itu.
    
Demikian juga dengan Pantai Gemah yang diperkirakan puncak kunjungan wisatawan pada hari libur Natal mencapai 3.000 orang lebih.
    
"Berwisata ke pantai masih menjadi pilihan yang disenangi masyarakat sekitar Tulungagung dan Trenggalek untuk mengisi liburan. Terutama wisatawan yang daerahnya jauh dari pantai," kata Fendi, pengunjung asal Kepatihan, Tulungagung yang sengaja berwisata ke Pantai Gemah bersama keluarganya luar daerah.
    
Mengacu pengalaman tahun sebelumnya, omzet penjualan tiket atau retribusi masuk dan kebersihan plus parkir dalam semusim liburan Natal dan Tahun Baru bisa mencapai puluhan juta hingga 100 juta lebih. (*)

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017