Sidoarjo (Antara Jatim) - Pengelola Terminal Purabaya Surabaya di Bungurasih, Sidoarjo Jawa Timur memprediksikan akan ada arus balik penumpang yang menggunakan jasa angkutan bus pada 3 Januari 2018, menyusul telah selesainya pelaksanaan cuti bersama Natal dan Tahun Baru 2018.

Kepala Subunit Terminal Purabaya Surabaya, Harjo, Minggu mengatakan, prediksi tersebut berdasarkan pada pengalaman yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

"Untuk pegawai swasta memang banyak yang cuti sampai dengan pelaksanaan tahun baru, sehinga prediksi kami arus balik libur panjang ini akan terjadi pada tanggal 3 Januari mendatang," ucapnya.

Ia mengakui, untuk pelaksanaan cuti Natal saja, juga akan diperkirakan terjadi lonjakan jumlah penumpang yang menggunakan jasa angkutan bus dari Terminal Purabaya ini.

"Kalau untuk cuti Natal diperkirakan arus balik terjadi pada 26 Desember 2017, tetapi jumlah tersebut masih belum signifikan karena sebagaian masyarakat masih banyak yang berlibur sampai dengan pelaksanaan tahun baru 2018 selesai dilaksanakan," ujarnya.

Ia mengatakan, untuk armada bus yang digunakan sampai dengan saat ini sudah mencukupi dan mampu menampung seluruh penumpang yang ada di terminal ini.

"Memang kemarin saat keberangkatan dari terminal ini sempat tersendat, hal itu karena bus-bus yang seharusnya sudah masuk kedalam terminal masih tersendat akibat kemacetan yang terjadi di jalan raya," tuturnya.

Kondisi ini, lanjut dia, menyebabkan sejumlah penumpang harus mengunggu sementara waktu, sampai bus yang akan ditumpanginya ini masuk kedalam arema lingkungan terminal.

"Akan tetapi, setelah seluruh bus tersebut masuk kedalam terminal seluruh penumpang akhirnya bisa terangkut menuju ke tempat tujuan masing-masing," ucapnya.

Ia mengatakan, saat ini tujuan utama pada musim libur panjang ini untuk jalur antarkota antarprovinsi masih Surabaya-Solo dan juga Surabaya-Yogyakarta.

"Sedangkan untuk jurusan dalam provinsi yang menjadi tujuan utama seperti Surabaya-Tulungagung, Surabaya-Malang dan juga Surabaya-Jember," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017