Lumajang (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menyiapkan sebanyak 389 rumah subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sesuai dengan program Presiden Joko Widodo yang menargetkan 1 juta rumah per tahun.

"Pemerintah Kabupaten Lumajang akan selalu berupaya untuk memberikan pelayanan yang maksimal untuk masyarakat melalui kerja sama dengan stakeholder baik swasta maupun instansi lainnya, sehingga diharapkan mampu memberikan program yang berpihak pada rakyat," kata Bupati Lumajang As'ad di Lumajang, Rabu.

Menurutnya salah satu faktor membangun keluarga yang harmonis adalah memiliki rumah yang membuat nyaman, sehingga ia berharap dengan adanya rumah subsidi MBR, para keluarga baru yang belum memiliki rumah bisa membeli dan membangun keharmonisan rumah tangga di rumah milik sendiri.

"Saya juga berpesan kepada para penerima rumah subsidi MBR, agar segera menempati rumah yang sudah dibeli dan jangan sampai dipindahtangankan atau dikontrakkan kepada orang lain," tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Lumajang Imam Suryadi mengatakan di Kabupaten Lumajang pada tahun 2017 masih tersedia 389 unit rumah bersubsidi dan masih kurang dari target sebanyak 500 unit.

"Kami akan terus berupaya untuk memenuhi target yang sudah ditetapkan. Rumah bersubsidi di Kabupaten Lumajang kisaran harga Rp123 juta per unit yang bisa dibeli melalui tunai maupun kredit, sehingga hal itu memberikan peluang kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah untuk mewujudkan impian memiliki rumah sendiri," katanya.

Pada tahun 2017, lanjut dia, sudah ada empat pengembang yang bekerja sama dengan pemerintah menyediakan rumah bersubsidi dan itu merupakan bentuk kepedulian pemerintah memenuhi kebutuhan tempat tinggal masyarakat.

Direktur PT Bintang Indonesia Imam Mashadi mengatakan pihaknya sudah menyiapkan 150 unit rumah bersubsidi MBR siap huni pada tahun 2017, sehingga harapannya dengan adanya Perum Green Hasana yang merupakan lokasi rumah bersubsidi bagi MBR, maka pemerintah memperhatikan infrastruktur jalan dan penerangan jalan menuju lokasi perumahan.

Acara pembukaan rumah subsidi MBR di Perumahan Green Hasana Residence, Desa Selokgondang, Kecamatan Sukodono, digelar Selasa (19/12) dan pada kesempatan tersebut Bupati As'ad menyerahkan kunci secara simbolis kepada penghuni yang sekaligus meresmikan Perumahan Green Hasana Residence yang ditandai dengan pemotongan pita.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017