Jember (Antara Jatim) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember mengoperasionalkan KA Mutiara Timur tambahan dengan relasi Banyuwangi-Yogyakarta pada 17 Desember 2017.

"Operasional KA Mutiara Timur tambahan itu untuk memenuhi keinginan masyarakat yang akan bepergian menggunakan moda transportasi yang aman, nyaman dan tepat waktu dengan menggunakan jasa kereta api," kata Manajer Humas PT KAI Daop 9 Luqman Arif di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu.

Menurutnya KA Mutiara Timur tambahan relasi Banyuwangi - Lempuyangan Yogyakarta itu menggunakan rangkaian kereta api kelas ekonomi jenis premium dengan total kapasitas 640 tempat duduk.

"Jadwal perjalanan KA Mutiara Timur tambahan itu berangkat dari Stasiun Banyuwangi pada pukul 11.05 WIB dan tiba di Stasiun Lempuyangan pukul 23.50 WIB," tuturnya.

Dalam perjalanannya, KA Mutiara Timur tambahan akan berhenti di Stasiun Karangasem, Rogojampi, Kalisetail, Kalibaru, Kalisat, Jember, Rambipuji, Tanggul, Probolinggo, Sidoarjo, Surabaya Gubeng, Mojokerto, Jombang, Kertosono, Nganjuk, Madiun, Solo Balapan dan terakhir di Stasiun Lempuyangan Yogyakarta.

"Tarif KA Mutiara Timur tambahan itu sebesar Rp225.000 untuk relasi Banyuwangi-Surabaya, sedangkan untuk relasi Banyuwangi-Lempuyangan sebesar Rp280.000, sehingga masyarakat yang ingin memesan tiket bisa dilakukan di loket stasiun dan juga berbagai channel pemesanan tiket kereta api," katanya.

Operasional kereta jarak jauh KA Mutiara Timur tambahan itu untuk mengantisipasi lonjakan penumpang menjelang libur Natal dan Tahun Baru yang bertepatan dengan liburan sekolah, sehingga diharapkan dapat mengangkut semua penumpang yang ada.

Hingga Sabtu pukul 13.30 WIB tercatat jumlah penumpang yang sudah memesan tiket KA Mutiara Timur tambahan tersebut sebanyak 250 orang dari total kapasitas rangkaian kereta sebanyak 640 tempat duduk.

Di Daop 9 Jember, setiap hari tercatat tujuh keberangkatan KA jarak jauh yakni KA Mutiara timur siang dengan relasi Banyuwangi-Surabaya, KA Mutiara timur malam dengan relasi Banyuwangi-Surabaya, kemudian KA Sri tanjung relasi Banyuwangi-Lempuyangan.

Selanjutnya KA Probowangi relasi Banyuwangi-Surabaya,  KA Tawang alun relasi Banyuwangi-Malang, KA Logawa relasi Jember-Purwokerto, dan KA Rangga jati relasi Jember-Cirebon, sedangkan untuk KA lokal tercatat ada empat kali perjalanan yakni KA lokal Pandan wangi relasi Jember-Banyuwangi PP.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017