Surabaya (Antara Jatim) - Lembaga Kantor Berita Nasional Antara Biro Jawa Timur menggelar pameran foto memperingati Hari Ulang Tahun Ke-80 atau Dasa Windu yang dibuka mulai Rabu, 13 Desember 2017.

Pameran foto dibuka bersamaan dengan kegiatan peluncuran buku foto Jurnalistik sekaligus "open house" di Graha Antara Jatim, Jalan Kombes Pol M. Duryat 41 A-B Surabaya.

Kepala LKBN Antara Biro Jatim Akhmad Munir menyampaikan pameran foto ini sangat istimewa karena terdapat foto orisinil perobekan bendera di Hotel Yamato saat pertempuran melawan penjajah di Surabaya karya wartawan Antara, Abdul Wahab Saleh.

"Karena ini 80 tahun maka kami menampilkan foto-foto bersejarah. Total terdapat sembilan foto yang direpro dari foto orisinil peristiwa perobekan bendera," ujarnya.

Sementara itu, pada pameran foto bertajuk "Retrospeksi" tersebut juga ditampilkan 80 foto mendokumentasikan peristiwa dan fenomena-fenomena di Jawa Timur sepanjang tahun 2017 yang merupakan karya pewarta foto Antara Biro Jatim.

Ke-80 foto itu, antara lain peristiwa longsor Ponorogo, banjir Pacitan, penangkapan teroris di Tuban, perjalanan KRI Bima Suci dari Spanyol ke Indonesia, sejumlah persitiwa budaya, seperti JFC Jember, Festival Panji Kediri, Festival Gandrung Sewu Banyuwangi dan sekelumit peristiwa politik terkait Pilgub Jatim dan peristiwa hukum penangkapan sejumlah pimpinan daerah di Jatim oleh KPK dan lain-lain.

Selain itu, dalam acara pameran LKBN Antara Biro Jatim juga menampilkan puluhan berita konvergensi (teks, foto dan video, terangkum dalam satu platfrom berita ditambah dengan ditampilkannya berita-berita video yang disiarkan melalui TV Antara) yang bisa dilihat di layar lebar mengenai berbagai peristiwa aktual di Jatim sepanjang Tahun 2017, baik politik, budaya, bencana, sosial ekonomi dan pemerintahan.(*)

Video Dokumentasi Antarajatim

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017