Tulungagung (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur mendorong ratusan pemerintah desa di daerah itu segera melakukan rekrutmen tenaga perangkat baru guna mengisi sejumlah posisi yang sampai saat ini masih lowong.
    
"Banyak sekali desa di Tulungagung yang kekurangan perangkat. Kondisi ini harus segera diatasi," kata Bupati Tulungagung Syahri Mulyo di Tulungagung, Senin.
    
Apalagi, lanjut dia, anggaran dari pusat dalam bentuk dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) terus bergulir.
    
Kelengkapan tim perangkat dinilai akan mampu meminimalkan potensi hambatan pelaksanaan pembangunan desa.
    
"Dengan diterimanya Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat untuk setiap desa membuat beban semakin sulit melihat kondisi desa yang kekurangan perangkat," katanya.
    
Oleh karena itu, langkah Pemkab Tulungagung yaitu melakukan sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 45 tahun 2017.
    
Perbup ini mengatur tentang petunjuk pelaksanaan Peraturan Daerah nomor 4 tahun 2017, tentang Perangkat Desa.

Tujuan dari sosialisasi ini lebih pada detail pelaksanaan pengangkatan perangkat desa. Rencananya tahun 2018 akan ada rekrutmen perangkat desa, untuk mengisi posisi yang kosong. 

"Melihat kondisi kurangnya perangkat disetiap desa, tak jarang beberapa perangkat merangkap tugas-tugas lain karena tenaganya kurang. Kalau terus dibiarkan maka sangat tidak efektif," tutur Syahri.

Syahri mengingatkan, kepala desa harus memahami Perbup tersebut.

"Bagi yang desanya kekurangan perangkat lekas mempersiapkan diri untuk melakukan rekrutmen. Dimana penerimaannya nanti harus melalui jalur tes. Selain itu ada kemungkinan untuk mutasi perangkat desa," ujarnya.

Menurut dia, mutasi perangkat adalah sebuah terobosan. Sebab selama ini perangkat hanya bertugas di desa dia tinggal dan diangkat.

"Jika ada desa yang mempunyai perangkat banyak, sangat mungkin untuk dimutasi di wilayah setempat. Mutasi dilakukan dengan melihat beban kerja per desa terlebih dahulu," kata Syahri.

Syahri juga memperingatkan kepada kepala desa yang baru terpilih.

Mereka adalah para kepala desa baru yang terpilih dalam pilkades serentak. Syahri berharap mereka segera menyesuaikan dengan program yang sudah berjalan. (*)

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017