Sidoarjo (Antara Jatim) - Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten, Sidoarjo, Jawa Timur mengingatkan kepada masing-masing pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) untuk melakukan imunisasi secara menyeluruh supaya masyarakat terhindar dari penyakit difteri.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, Ika Harnasti, Minggu mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemanggilan kepala puskesmas maupun pihak swasta untuk memberikan imunisasi sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan.

"Kami menekankan supaya tidak main-main dalam memberikan imunisasi tersebut karena hal itu bisa berpengaruh terhadap kondisi anak," katanya.

Ia mengemukakan, pernah ada kejadian difteri di kawasan Porong, tetapi setelah dilakukan penanganan dan pendataan secara mendalam, akhirnya difteri bisa teratasi. 

"Pernah kejadian itu, tapi sudah lama. Langsung kami berikan vaksin dan alhamdulilah sudah bisa diatasi. Makanya, puskesmas maupun klinik  pemberian vaksin harus sesuai prosedur yang ada. Karena bisa berakibat fatal," katanya.

Dirinya mengakui, di beberapa provinsi khususnya di Jawa Timur sudah terdeteksi penderita Difteri. Namun, pihaknya sudah mengimbau kepada puskesmas yang ada di Sidoarjo untuk memberikan imunisasi sesuai SOP yang ada. Baik cara pengiriman, maupun pemberian imunisasi yang baik dan benar. 

"Kalau bisa jangan sampai ada penambahan penderita Difteri. Kamj sudah lakukan imunisasi. Memang, kemarin kami curiga ada atau yang terinfeksi, tapi setelah diperiksakan lagi ternyata negatif," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017