Probolinggo (Antara Jatim) - Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida (KP3) Kabupaten Probolingggo, Jawa Timur memastikan stok pupuk bersubsidi bagi petani untuk musim tanam hingga akhir tahun di wilayah setempat cukup aman.

"Kami sudah melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah gudang produsen pupuk baik di PT Petrokimia di Kecamatan Wonomerto maupun PT Kalimantan Timur di Kecamatan Tongas yang hasilnya stok cukup untuk memenuhi kebutuhan petani," kata Kepala Bagian Administrasi Perekonomian dan SDA selaku Sekretaris KP3 Kabupaten Probolinggo Santoso di Probolinggo, Selasa.

Di kedua lokasi tersebut, lanjut dia, tim KP3 yang dipimpin oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Muh Happy selaku Ketua KP3 mengecek secara seksama persediaan pupuk bersubsidi untuk memenuhi kebutuhan petani di Kabupaten Probolinggo.

"Inspeksi dilakukan, agar petani bisa mendapatkan pupuk sesuai dengan RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok) pupuk bersubsidi dalam menghadapi musim tanam padi akhir tahun ini," tuturnya.

Sementara Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Probolinggo Muh Happy meminta agar para petani tidak terlalu resah dalam menghadapi musim tanam padi karena stok pupuk bersubsidi tersedia dengan cukup untuk memenuhi kebutuhan petani di Kabupaten Probolinggo.

"Mudah-mudahan dengan inspeksi itu terjalin komunikasi antara instansi, distributor dan pengecer, serta tidak ada penyelewengan pupuk bersubsidi, sehingga penyaluran pupuk bersubsidi itu bisa tepat sasaran dan bisa membantu petani dalam memupuk tanamannya," katanya.

Hasil inspeksi mendadak tersebut tercatat stok pupuk bersubdisi di gudang PT Pupuk Kaltim di Kecamatan Tongas mencapai 3.000 ton per tanggal 4 Desember 2017 dan jumlah itu masih akan ditambah 5.000 ton sampai dengan akhir Desember 2017. 

Sedangkan stok pupuk bersubsidi di gudang PT Petrokimia mencapai 2.000 ton dan masih akan bertambah 1.000 ton sampai dengan akhir Desember 2017.

"Banyaknya stok pupuk bersubsidi yang tersimpan di gudang diharapkan petani tidak terlalu resah lagi, sehingga dalam menghadapi musim tanam tahun 2017 ketersediaan pupuk untuk petani di wilayah Kabupaten Probolinggo tercukupi," ujarnya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017