Bandung, (Antara) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menuturkan alasan dirinya mengajukan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjadi calon Panglima TNI yang baru kepada DPR RI karena sosok Hadi Tjahjanto diyakininya memiliki kepemimpinan dan kemampuan yang kuat.

"(Pertimbangannya) saya meyakini beliau memiliki kepemimpinan dan kemampuan yang kuat dan bisa membawa TNI ke arah yang lebih profesional sesuai jati dirinya yaitu tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional," kata Presiden Jokowi, di Bandung, Senin.

Ditemui usai meresmikan Jalan Tol Soroja di Gerbang Tol Soreang, Presiden memastikan pengajuan Marsekal Hadi Tjahjanto menjadi calon Panglima TNI sudah sesuai prosedur.

Dia mengatakan pengajuan Kepala Staf TNI Angkatan Udara ini murni karena Panglima TNI saat ini Gatot Nurmantyo akan segera memasuki pensiun.

Selain itu, Presiden juga menilai pengusungan Hadi sesuai mekanisme normal meski masa dinas Gatot akan berakhir pada 2018. "Jadi ini mekanisme normal, karena Pak Gatot akan pensiun," ujarnya.

Presiden pun memastikan pengajuan Hadi ini sudah disampaikan ke DPR untuk mendapat persetujuan, dan ia optimistis pengajuan Hadi akan diterima DPR karena mantan Sekretaris Militer Presiden Jokowi ini memiliki kepemimpinan dan kemampuan yang baik.(*)

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017