Situbondo (Antara Natim) - Hujan lebat disertai angin kencang mengakibatkan sebuah pohon berukuran besar tumbang ke badan jalan sehingga memacetkan arus lalu lintas Jalur Pantura Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Rabu malam.

"Pohon asam berdiameter 100 centimeter tersebut tumbang dan menutup badan jalan raya Pantura di Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, pada pukul 19.00 WIB," kata Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Situbondo, Puriyono, di Situbondo.

Menurut dia, pohon asam berukuran besar itu tumbang ke jalan raya setelah sebelumnya di wilayah Situbondo diguyur hujan lebat yang disertai angin kencang. Beruntung saat kejadian tidak ada kendaraan yang melintas sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

Akibat pohon tumbang dan menutup badan jalan itu, katanya, jalur yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Bali macet total. Kemacetan kendaraan roda empat dari arah Surabaya maupun sebaliknya diperkirakan mencapai dua kilometer.

"Kami bersama petugas dari kepolisian lalu lintas Polres Situbondo dan dibantu warga setempat mengevakuasi pohon asam yang membutuhkan waktu hampir dua jam. Arus lalu lintas baru lancar kembali pada pukul 21.30 WIB," katanya.

Sementara itu, Kanit Patroli Satlantas Polres Situbondo Iptu Pol Suhadak mengimbau kepada pengguna jalan yang melintas di sepanjang Jalur Pantura Situbondo pada musim hujan agar waspada dan berhati-hati karena khawatir pohon tumbang akibat hujan dan angin.

"Kepada pengendara roda dua maupun roda empat kami minta untuk berhati-hati, karena musim hujan rawan pohon tumbang," katanya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017