Surabaya (Antara Jatim) - Kegiatan "Bulak Fest 2017" yang digelar di kawasan Pantai Kenjeran Kota Surabaya selama November ini, selain berdampak meningkatnya kunjungan wisata, juga mampu memberdayakan perekonomian warga setempat.
     
Camat Bulak Soeprayitno, di Surabaya, Sabtu, mengatakan agenda Bulak Fest 2017 sangat penting untuk menggairahkan perekonomian masyarakat Bulak. Selain warga yang berada di Sentra Ikan Bulak (SIB), beberapa toko milik warga yang menjual hasil olahan laut dan berada di sepanjang jalan menuju SIB (dari arah KenPark), juga akan merasakan dampak positifnya.

"Jadi Bulak Fest 2017 ini penting untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. Dengan adanya kegiatan yang didatangi banyak orang, juga akan mengubah cara pandang warga untuk lebih menjaga kebersihan kampung," ujarnya.

Ia menyampaikan ada beberapa kegiatan yang termasuk dalam rangkaian Bulak Fest 2017 di antaranya lomba fashion nelayan yang bertempat di Taman Suroboyo, lomba olahan ikan antar-RW se-kecamatan Bulak di Sentra Ikan Bulak, lomba drumband tingkat SD se-Surabaya, lomba mewarnai tingkat TK se-Surabaya, juga lomba videography dengan tema "The Sunrise of Bulak".

"Ada juga parade kapal rakyat yang akan dilaksanakan Minggu (19/11) mulai pukul 09.00 WIB. Parade ini melibatkan nelayan Bulak dan juga beberapa peserta dari luar Surabaya seperti Pasuruan dan Probolinggo. Total ada 60 kapal dan 10 kapal dari luar Surabaya," ujarnya.  

Menurut dia, agenda Bulak Fest 2017 memiliki banyak dampak positif bagi kawasan Bulak dan juga masyarakatnya, salah satunya untuk promosi Bulak sebagai tujuan wisata pantai. 

Selama ini, lanjut dia, Bulak yang berada di kawasan utara Surabaya, telah memiliki beberapa ikon wisata seperti SIB yang menjadi jujukan bagi para pecinta kuliner seafood. Kemudian ada Jembatan Surabaya yang juga di lengkapi dengan fasilitas air mancur warna-warni. 

"Jadi Bulak Fest 2017 ini penting untuk promosi destinasi wisata walaupun Bulak sudah dikenal," ujarnya.

Bulak Fest 2017 ini merupakan agenda yang sudah memasuki tahun kedua dalam pelaksanaannya. Tahun lalu, ribuan orang ikut serta dalam kegiatan ini. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017