Surabaya (Antara Jatim) - Panglima Komando Armada Republik Indonesia Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto bersama Laksamana Pertama TNI Didik Setiyono  yang akan menggantikan jabatannya menginspeksi kesiapan tempur kapal-kapal perang atau "Admiral Inspection" di Pangkalan Koarmatim, Surabaya, Minggu.
     
Dalam kesempatan itu Pangarmatim Darwanto melalui radio telekomunikasi menyampaikan amanatnya yang dipancarkan dan diterima oleh seluruh kapal perang TNI Angkatan Laut yang tengah beroperasi di segenap penjuru perairan Indonesia maupun yang sedang beroperasi di luar negeri.
     
"Para prajurit Koarmatim yang saya cintai dan saya banggakan di manapun saudara berada dan bertugas, saya selaku Panglima Koarmatim merasa bangga kepada kalian semua karena selama ini telah menunjukkan dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang luar biasa," katanya. 
     
Dia berharap kepada seluruh prajurit Koarmatim untuk memberikan dukungan yang sama kepada calon Panglima Koarmatim baru yang akan segera menggantikannya, dengan tetap mengedapkan profesionalisme, yang didukung oleh dedikasi dan loyalitas yang tinggi.
     
"Dari hati yang tulus saya mohon maaf jika ada salah dan kekhilafan selama kepemimpinan saya sebagai Pangarmatim. Saya mohon diri dan mohon doa restunya untuk mengemban tugas selanjutnya yang dipercayakan oleh pemimpin TNI Angkatan Laut sebagai Komandan Kodiklatal. Sampai jumpa di medan bhakti selanjutnya, demi TNI AL, TNI, Bangsa dan Negara," ucapnya.
     
Admiral Inspection merupakan salah satu tradisi di lingkungan TNI Angkatan Laut yang dilaksanakan guna memeriksa kesiapan unsur-unsur TNI Angkatan Laut untuk yang terakhir kalinya, sebelum tongkat komando kepemimpinan diserahterimakan. 
     
Biasanya tradisi ini digelar menjelang pergantian jabatan Kepala Staf Angkatan Laut maupun pada saat pergantian Panglima Komando Armada Republik Indonesia. Kegiatan tersebut selain sebagai ajang salam perpisahan dengan para prajuritnya, juga merupakan kesempatan untuk memperkenalkan pemimpin yang baru.
     
Maka dalam kesempuatan itu Pangarmatim Laksama Muda TNI Darwanto sekaligus memperkenalkan calon pengganti, yaitu Laksama Pertama TNI Didik Setiyono, yang merupakan Alumni Akademi Angkatan Laut Angkatan ke- 32 Tahun 1987. (*)

Pewarta: Hanif N

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017