Jember (Antara Jatim) - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 8 Jember mengajak para veteran dan purnawirawan TNI untuk bercocok tanam secara hidroponik dengan memberikan pelatihan menanam komoditas pangan tanpa menggunakan media tanah di halaman sekolah setempat, Kamis.

Kepala SMKN 8 Jember Suprihartono mengatakan kompetensi SMKN 8 Jember di bidang pertanian, sehingga pihak sekolah ingin membagi keterampilan bercocok tanam yang mudah dengan para veteran dan purnawirawan TNI.

"Menanam secara hidroponik juga dapat mengisi kejenuhan para veteran karena menanam dengan pola tersebut sangat mudah dan tidak membutuhkan tenaga yang ekstra kuat," katanya di SMKN 8 Jember yang berada di Kecamatan Semboro.

Ia mengatakan bercocok tanam dengan cara hidroponik merupakan suatu keterampilan menanam yang ringan, hemat tempat, namun hasilnya cukup memuaskan dan bisa dikonsumsi sendiri atau untuk menambah penghasilan keluarga.

"Bercocok tanam hidroponik bisa dilakukan di halaman rumah atau pekarangan, sehingga para pejuang yang ingin bercocok tanam tidak harus memiliki sawah dan bisa dilakukan dengan santai," katanya.

Kegiatan pelatihan hidroponik yang diberikan kepada para veteran, lanjut dia, sebagai ucapan terima kasih pihak sekolah kepada para pejuang kemerdekaan, agar pelatihan itu bermanfaat untuk keluarganya dan dapat meningkatkan perekonomian veteran.

"Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan pada 10 November 2017, kami tidak hanya sekedar melakukan upacara seremonial seperti pada umumnya, namun kami ingin memberikan sentuhan yang bermanfaat kepada veteran dan membagikan bantuan peralatan hidroponik beserta bibit tanaman sayur atau buah kepada para pejuang kemerdekaan tersebut," ujarnya.

Sementara salah seorang veteran Kasdi mengaku sangat senang dan mengapresiasi pelatihan hidroponik yang diberikan para guru di SMKN 8 Jember karena pelatihan tersebut sangat bermanfaat bagi para veteran.

"Pelatihan hidroponik itu dapat dikembangkan di rumah karena cara menanamnya sangat mudah, sehingga bisa mengisi waktu senggang para veteran, agar tidak jenuh tanpa ada aktivitas yang bermanfaat," katanya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017