Ngawi (Antara Jatim) - Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada Ngawi melantik sebanyak 57 anggota panwas kecamatan (panwascam) yang akan bertugas pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018.
     
Ketua Panwas Pilkada Ngawi Abjudin Widiyas Nursanto mengatakan, dari 57 anggota panwascam tersebut, sebanyak 48 orang adalah laki-laki dan sembilan orang di antaranya adalah wanita.
     
"Setelah dilantik, sebanyak 57 anggota panwascam ini siap untuk bertugas. Mereka akan membantu Panwas Pilkada Ngawi untuk mengawasi Pemilihan Gubernur Jatim tahun 2018," ujar Abjudin Widiyasseusai pelantikan anggota Panwascam Ngawi di Pendopo Wedya Graha Pemkab Ngawi, Senin.
     
Menurut dia, puluhan anggota panwascam yang dilatik tersebut telah menjalani rangkaian tahap seleksi yang digelar panwas pilkada setempat. 
     
"Mulai dari proses seleksi administrasi pendaftaran, seleksi tulis, hingga seleksi wawancara," kata dia.
     
Ia menjelaskan, pada tahap awal pedaftaran terdapat 256 pendaftar untuk menjadi anggota panwascam. Dari jumlah tersebut, sebanyak 246 orang di antaranya dinyatakan lolos seleksi administrasi.
     
Setelah 246 peserta menjalani tes tulis, maka sebanyak 114 orang dinyatakan lolos dengan jumlah masing-masing dari 19 kecamatan ada enam orang. 
     
Setelah itu, dari 114 peserta yang mengikuti tes tulis, sebanyak 95 peserta di antaranya dianggap lolos dengan jumlah masing-masing dari 19 kecamatan ada lima orang. Mereka lalu mengikuti seleksi wawancara.
     
"Setelah mereka menjalani tes wawancara dan tinggal tersisa 57 orang dengan masing-masing kecamatan terdapat tiga anggota," kata dia.
     
Setelah ditetapkan 57 orang, pihak Panwas Pilkada Ngawi lalu melaporkan puluhan nama anggota panwascam terpilih tersebut ke Banwaslu untuk kemudian dilakukan pelantikan.
     
Adapun, materi tes tulis yang harus dihadapi para calon anggota panwascam tersebut adalah tentang penyelenggaraan pemilu dan wawasan kebangsaan.
    
Abjudin menambahkan, setelah dilantik, para anggota panwascam di tiap kecamatan diwajibkan untuk menyusun struktur organisasi. Setelah itu, mereka akan bertugas mengawasi jalannya proses Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018. (*)
     

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017