Kediri  (Antara Jatim)- Ribuan pemuda Kediri, Jawa Timur, melakukan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober, dengan membuat parade UMKM, sebagai upaya mendorong serta menggerakkan roda perekonomian di kota ini.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengaku sangat bangga dengan kegiatan ini. Ia berharap, kegiatan ini bisa sebagai motivasi bagi para pemuda lainnya untuk menunjukkan prestasi dan kemampuan termasuk mengembangkan UNMKM.

"Saya ucapkan terimakasih untuk seluruh pemuda Kota Kediri, terutama yang telah memberikan prestasi untuk kota ini. Semoga para pemuda Kota Kediri dapat terus menunjukkan karya dan kreativitas untuk Indonesia, khususnya Kota Kediri," katanya di Kediri, Minggu.

Pihaknya juga terus mendorong agar para pemuda tidak patah semangat dan selalu mengobarkan semangat cinta pada NKRI. Ia merasa bangga Kota Kediri memiliki para pemuda dengan semangat yang hebat, sehingga berharap mereka terus berperan aktif memajukan Kota Kediri.

"Ayo kita bangun semangat. Jangan banyak berdiskusi, mari kita tunjukkan aksi nyata untuk Kota Kediri dan untuk Indonesia," ujarnya dengan penuh semangat.

Pria yang juga akrab disapa Mas Abu ini juga menambahkan Pemerintah Kota Kediri juga sangat terbuka dan siap menerima berbagai macam masukan dari para pemuda demi kemajuan kota ini. Ia meminta para pemuda terus berkarya.

"Ayo bangun untuk berkarya, berkreasi, bersatu-padu memajukan NKRI. Ayo kita berpikir bersama untuk Kota Kediri. Dari Kediri untuk Indonesia dan dari Indonesia untuk dunia," katanya.

Rangkaian acara sumpah pemuda itu dilakukan dengan banyak agenda. Untuk parade UMKM, diikuti berbagai UMKM di Kota Kediri. Produk yang dipamerkan juga beragam, baik makanan, minuman, hingga kerajinan. Lokasinya berada di depan Balai Kota Kediri, Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Kediri.

Selain parade UMKM, juga ada berbagai agenda lainnya, salah satunya penampilan musik. Para pemuda juga diajak untuk mengucapkan sumpah pemuda secara bersama-sama. Kegiatan tersebut juga berlangsung dengan tertib.

Acara itu juga diikuti berbagai komunitas pemuda di Kediri. Dalam acara yang digelar di Balai kota Kediri tersebut, Nanda Mei Sholihah, salah satu atlet difabel yang telah malang melintang di kancah internasional ditunjuk mewakili pemuda Kota Kediri untuk membacakan naskah deklarasi Sumpah Pemuda yang sebelumnya telah dibawa keliling kota oleh anggota "Kediri Runner".

Rute yang ditempuh anggota "Kediri Runner" dengan membawa naskah deklarasi sumpah pemuda dimulai dari Jalan Basuki Rahmat - Jalan Dhoho - Jalan Yos Sudarso - Jalan Mayjend Sungkono - Jalan Ronggowarsito dan kembali ke Balai Kota Kediri. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017