Gresik (Antara Jatim) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur bertekad menjadikan Pulau Bawean sebagai Bali-nya Jatim karena memiliki modal sumber daya alam dan destinasi wisata paling menarik.

"Bawean harus bisa menjadi Bali-nya Jatim, bahkan melebihinya. Melihat modal alam yang dimiliki, bukan tidak mungkin akan terwujud," ujar Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf di sela-sela menutup Festival Bawean 2017 di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Sabtu.

Menurut dia, potensi sumber daya alam di pulau yang berjarak sekitar 150 kilometer dari Kota Surabaya tersebut cukup untuk menggali pariwisata menjadi lebih menarik, seperti keindahan laut dan kawasan perbukitan.

"Pasirnya putih, ikan-ikan dan dunia bawah lautnya indah, air terjun dan bukit-bukitnya, hingga kulinernya yang dikenal enak-enak serta memiliki cita rasa tersendiri," ucapnya.

Gus Ipul, sapaan akrabnya, juga berharap masyarakat Bawean menjadi sadar pariwisata dan siap menerima kehadiran-kehadiran tamu dari dalam maupun luar negeri.

Tak itu saja, berkembangnya potensi wisata di Bawean maka dipastikan menopang perekonomian masyarakat setempat yang terimbas dari kunjungan wisatawan.

"Mereka yang datang akan membeli makanan atau kuliner, kemudian membeli souvenir dan oleh-oleh lainnya dari Pulau Bawean. Belum lagi penginapan-penginapan yang dijadikan tempat tinggal wisatawan," katanya.

Terkait Festival Bawean, orang nomor dua di Pemprov Jatim tersebut mengapresiasinya dan berharap menjadi agenda tahunan Pemprov Jatim dan Pemkab Gresik, bahkan sebagai even tetap di kalender tahunan.

"Dari festival ini akan menjadi pengenalan terhadap masyarakat luar bahwa Bawean memiliki potensi wisata alam, kesenian serta kebudayaan yang luar biasa hebat," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gresik Muhammad Qosim mengaku bangga dengan digelarnya Festival Bawean yang merupakan ajang penggalian seni, budaya dan kekayaan lokal.

"Ajang ini pertama kali digelar dan ke depannya menjadi program rutin, bahkan lebih besar dan menarik lagi. Semoga adanya festival ini menjadikan Bawean semakin dikenal, baik dalam negeri maupun mancanegara," katanya. (*)
Video Oleh Fiqih Arfani

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017