Surabaya (Antara Jatim) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan lima pelabuhan yang berlokasi di kawasan strategis serta terintegrasi dengan kawasan industri untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi setempat.

"Pemprov memiliki lima pelabuhan yang siap mendongkrak perekonomian Jatim," ujar Gubernur Jawa Timur Soekarwo kepada wartawan di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Senin.

Pelabuhan-pelabuhan tersebut yakni pembangunan Pelabuhan Manyar JIIPE dengan area pelabuhan seluas 371 hektare dan area industri seluas 1.761 hektare dan pengembangan Pelabuhan Teluk Lamongan seluas 386 hektare.

Kemudian, pembangunan Probolinggo Industrial Sea-Port City menjadi kawasan industri seluas 500 hektare, Pelabuhan Paciran serta Pelabuhan Tanjung Awar-Awar terintegrasi dengan kawasan industri Tuban yang diusulkan 300 hektare kawasan industri.

Pakde Karwo, sapaan akrabnya, mengaku menawarkan kepada sejumlah pengusaha luar negeri agar bersedia menanamkan investasinya di Jatim.

"Sebagai contoh kepada pengusaha Singapura, kami menawarkan dua tempat yakni di Pelabuhan Tanjung Awar-awar Tuban dan Tanjung Tembaga Probolinggo," ucap Pakde Karwo, sapaan akrabnya.

Yang ditawarkan kepada investor Singapura, kata dia, adalah industri atau penggudangannya, sedangkan untuk pengelolaan pelabuhan tetap dilakukan oleh Pemprov Jatim. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017