Kediri (Antara Jatim) - Pekan Olahraga Kota (Porkot) 2017 di Kediri, Jawa Timur, yang diselenggarakan pada 20-22 Oktober 2017 yang diharapkan bisa mencari atlet berprestasi diikuti ribuan atlet.
     
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengemukakan kegiatan ini memang sengaja diselenggarakan sebagai upaya mencari atlet-atlet baru yang berprestasi. Dengan itu, ke depan merekaba bisa bertanding baik di tingkat nasional hingga internasional.
    
"Ini untuk menggali atlet baru di Kediri. Saya meminta sinergisitas dari kegiatan ini, anak-anak bisa berlatih dan mereka bisa berkompetisi. Harapan kami, atlet bisa bersaing, hingga internasional. Jika nasional masih kurang," katanya setelah pembukaan Porkot 2017 di GOR Gajayana Kediri, Jumat. 
     
Sementara itu, Ketua KONI Kota Kediri Heru Marwanto mengatakan dalam kegiatan ini diikuti lebih dari 3.300 atlet dari berbagai cabang olahraga serta lebih dari 400 "Official". Kegiatan ini juga berlangsung 20-22 Oktober 2017.
    
Ia juga mengatakan, dalam pertandingan ini hanya ada 15 cabang olahraga yang dipertandingkan dari total 34 cabang olahraga. Beberapa tidak ikut dalam kegiatan ini, misalnya taekwondo, sebab para atlet sebelumnya telah ikut kompetisi pada taekwondo tingkat Jatim yang diselenggarakan di Kota Kediri awal Oktober 2017.
     
"Ada 15 cabang olahraga yang ikut, tapi beberapa cabang sudah diseleksi pada awal bulan lalu, karena menyesuaikan dengan venue, misalnya renang dan karate. Namun, nanti finalnya tetap 22 Oktober," katanya.
     
Lebih lanjut, Heru mengatakan kegiatan ini juga sebagai seleksi untuk menyiapkan para atlet. Peserta yang ikut adalah dari tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA). Pada November 2017 rencanya akan diselenggarakan pekan olahraga SD, jadi nanti yang berprestasi akan dikirim ke pertandingan tersebut.
     
"Pertimbangan porkot ini untuk mendukung serta mamcu prestasi para atlet Kediri. Ada beberapa kategori usia dan kami akan menyuplai pertandingan untuk kejuaraan tingkat SD, SMP, maupun SMA. Dan, dari Kediri banyak atlet yang berprestasi," ujarnya.
     
Ia berharap, dalam kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar. Para atlet bisa berkompetisi dengan baik, sehingga ke depan bisa dihasilkan para atlet yang berprestasi, sesuai dengan harapan Wali Kota Kediri untuk meningkatkan daya saing para atlet. 
     
Kegiatan pembukaan acara ini diselenggarakan di GOR Jayabaya Kediri. Beberapa pejabat hadir dalam acara ini, misalnya Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah, dan sejumlah pejabat di organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Kediri. 
    
Ribuan atlet yang ikut kompetisi juga hadir semua dalam kegiatan ini. Mereka berbaris rapi sesuai dengan cabang olahraga yang mereka geluti. Pembukaan juga berlangsung dengan meriah dengan menampilkan atraksi dari atlet senam, serta sejumlah atlet lainnya. (*)
Video Oleh Asmaul Chusna

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017