Sidoarjo (Antara Jatim) - SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, Jawa Timur, mengajak kepada siswanya untuk meningkatkan semangat literasi dalam rangka kegiatan bulan bahasa 2017 serta menyongsong peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober mendatang.

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, Wigatiningsih, Kamis mengatakan, untuk itu pihaknya mengajak kepada siswa untuk meningkatkan semangat tersebut melalui beberapa kegiatan.

"Salah satunya adalah 'stand up comedy' (dagelan) menggunakan bahasa Jawa, mading tiga dimensi menggunakan bahasa Jepang. Selain itu, ada juga lomba kewirausahaan cipta pangan lokal dan lomba perpustakaan masing-masing kelas," ujarnya saat dikonfirmasi di Sidoarjo.

Ia mengemukakan, salah satu inspirasi yang bisa dipetik pada peringatan itu adalah bahasa merupakan alat pemersatu bangsa, dan sangat penting, banyak hal menyatukan bangsa melalui bahasa.

"Maka dari itu, sesuai dengan peraturan pemerintah, salah satu upaya untuk menumbuhkan budi pekerti adalah dengan menumbuhkan gerakan literasi sekolah atau GLS," ujarnya.

Setiap pagi, sebelum pelajaran di mulai minimal 15 menit siswa sudah diwajibkan membaca dan juga membuat resume tentang apa yang dibaca tersebut.

"Selanjutnya anak-anak menceritakan kembali melalui bahasanya kepada teman-teman di kelas masing-masing. Dengan demikian, setiap anak bisa memperoleh intisari dari buku yang dibaca," ujarnya.

Pengembangan literisasi disekolah, lanjut Wigatingsih, yakni dengan menggelar kegiatan festival dengan kompetisi antar kelas.

"Karena SMAMDA sendiri memiliki lima bahasa yang menjadi ciri khas, maka semuanya dikompetisikan antarkelas," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017