Blitar (Antara Jatim) - Perbaikan infrastruktur menuju pantai yang berada di kawasan bagian selatan Kabupaten Blitar, Jawa Timur, terus diperbaiki pemerintah kabupaten setempat dengan harapan bisa semakin meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah ini.

"Di pantai selatan sudah banyak kegiatan. Jadi, saat ini pemkab berupaya semakin memperbaiki sarana prasarana menuju pantai-pantai itu, sebagai upaya mendukung agar kunjungan juga semakin meningkat," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkab Blitar Puguh Iman Susanto di Blitar, Kamis.

Ia mengatakan, salah satu pantai yang cukup menarik adalah di Pantai Serang, di Desa Serang, Kabupaten Blitar. Pantai di tempat itu masih sangat asri dan pemandangan alamnya juga sangat menarik. Selain pantai, juga terdapat konservasi tukik yang merupakan anak dari penyu. Konservasi ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan.

Di pantai ini, juga terdapat beragam kegiatan. Selain pelepasan tukik, juga beragam festival seperti layang-layang, festival jaz, larung sesaji, dan beragam kegiatan lainnya. 

Puguh menyebut, saat ini yang dikebut adalah perbaikan jalan. Bebeberapa titik menuju pantai selatan Kabupaten Blitar ada yang rusak, sehingga diperbaiki. Dengan itu, pengunjung juga akan merasa lebih nyaman, sebab jalur yang dilewati juga bagus.

Secara total, Puguh menyebut ada sekitar sembilan pantai di Kabupaten Blitar selatan. Selain pantai serang, pantai lainnya adalah Peh Pulo di Dusun Pehpulo, Desa Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo, Blitar. Di lokasi itu, pantainya juga cukup menarik. Namun, untuk pengelolaan juga masih harus ditata dengan lebih bagus.

Namun, saat disinggung besarnya anggaran untuk perbaikan infrastruktur, Puguh mengaku belum mengetahui dengan pasti, sebab anggaran itu dinas pekerjaan umum. Ia hanya mengatakan, pemkab berupaya seoptimal mungkin demi memajukan Kabupaten Blitar bagian selatan.

Ia juga optimistis nantinya kawasan Kabupaten Blitar bagian selatan akan lebih maju. Bahkan, saat ini pemerintah pusat juga telah membuat jalur lintas selatan, yang menghubungkan pesisir selatan mulai Kecamatan Bakung, Panggungrejo, Blitar sampai tembus ke Malang selatan.

Jalur itu juga menghubungkan Kabupaten Trenggalek dan Pacitan yang juga berada di kawasan pesisir selatan. Bahkan, jalur selatan juga bisa tembus hingga ke Banyuwangi. Dengan itu, wilayah pantai selatan dipastikan juga akan lebih mudah dijangkau.

Luas jalur di Blitar selatan yang dibangun oleh pusat sekitar 60 kilometer. Selain jalan, juga memperbaiki jembatan. Ada sekitar 13 titik jembatan menuju Blitar selatan yang dibangun pemerintah pusat. Saat ini, pembangunan juga hampir selesai. 

"Nanti di Blitar selatan juga ada pantai yang dilewati, misalnya di peh pulo, jebring. Itu semua pantai bagus. Tapi, di Blitar ini hampir semua pantai bisa dilewati. Jadi, pembangunan jalur lintas selatan juga mendukung perbaikan infrastruktur di daerah kami," ujar Puguh. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017