Sidoarjo (Antara Jatim) - Puluhan orang pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang ada di Surabaya mengikuti kegiatan pelatihan manjamen ritel modern yang digelar Alfamart di Rumah Albi Gajah Mada, Sidoarjo Jawa Timur, untuk meningkatkan kemampuan mereka.

Manager Store Sales Point (SSP) Alfamart, Yemfi Saria Yudha mengatakan, pelatihan yang melibatkan para pedagang toko kelontong semacam ini digelar secara rutin setiap bulan di setiap kota yang memiliki jaringan.

"Mereka ini adalah pedagang binaan kami atau member SSP yang setiap minggu rutin kami datangi tokonya untuk konsultasi dan pemesanan barang dengan diskon khusus," katanya.

Ia mengemukakan, kegiatan ini juga dilakukan untuk membangun kedekatan hubungan emosional serta peningkatan pengetahuan tentang manajemen ritel modern, pedagang binaan dikumpulkan berdasarkan wilayah secara periodik.

"Mereka mendapatkan peningkatan pengetahuan tentang manajemen 'cash flow', hingga cara pengkategorian dan pemilihan stok barang di toko mereka," ujarnya.

Ia menjelaskan, kegiatan yang sudah dijalankan selama beberapa tahun silam ini merupakan sinergi Alfamart dengan pedagang ritel tradisional. 

"Selain memberi pelatihan manajemen ritel modern, sinergi dilakukan dalam bentuk program Outlet Binaan Alfamart (OBA)," katanya.

Melalui OBA, lanjut dia, pihaknya menyulap toko kelontong menjadi semacam minimarket (dress up warung), baik dari sisi tampilan maupun display barang supaya pembeli menjadi lebih nyaman ketika berbelanja.

"Hal ini sejalan dengan visi perusahaan, yakni menjadi jaringan distribusi ritel yang berorientasi pada pedagang kecil. Pedagang ritel tradisional perlu dibekali dengan ilmu manajemen ritel modern supaya memiliki daya saing," katanya.

Ia menambahkan, kegiatan pelatihan manajemen ritel modern dan "dress up" warung OBA kali ini juga diadakan serentak secara nasional selama Oktober memperingati HUT ke-18  Alfamart.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017