Tulungagung (Antara Jatim) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur baru menerima penyerahan berkas administrasi untuk mendaftar kepesertaan dalam Pemilu 2019 dari tiga partai politik, sejak masa pendaftaran resmi dibuka pada 3 Oktober 2017.
    
"Sejak 3 Oktober hingga 15 oktober, masih tiga partai yang sudah mendaftar dan dinyatakan berkas administrasi juga sudah lengkap," kata Ketua KPU Tulungagung Suprihno di Tulungagung, Senin.
    
Sesuai jadwal, kata dia, masa pendaftaran akan ditutup pada 16 Oktober, hari ini, hingga pukul 24.00 WIB.
    
Tiga partai politik yang sudah menyerahkan berkas administrasi itu masing-masing adalah Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).
    
"Semoga hari ini kesempatan terakhir dimaksimalkan oleh partai-partai lain untuk mendaftar kepesertaan pemilu 2019," kata Suprihno.
    
Menurut Suprihno, sesuai ketentuan yang ada setiap partai harus menyerahkan berkas persyaratan secara lengkap.
    
Khususnya, kata dia, berkas yang terdiri dari salinan pendaftaran dari DPP masing-masing, struktural partai, keanggotaan, dan lain sebagainya.
    
"Semua harus lengkap tanpa terkecuali," katanya.

Suprihno menambahkan, partai lainnya sebenarnya sudah mendaftar sejak beberapa hari yang lalu.

Namun, ada beberapa bagian berkas yang masih harus dilengkapi sehingga partai bersangkutan diminta kembali untuk melengkapinya setelah berkonsultasi.

"Mereka harus melengkapi dulu, karena itu merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi," katanya.

Ia mengakui, salah satu hal yang dicermati adalah sinkronisasi antara data yang sudah diunggah ke sistem informasi partai politik (SIPOL) dengan berkas yang ada, khususnya kartu tanda anggota (KTA).

Kenyataanya, kata dia, ada yang ditemukan belum lengkap.
    
"Ada juga yang datanya sudah diunggah, tetapi KTA belum ada," ujarnya.
     
Hal senada diungkapkan Divisi Hukum KPU Tulungagung Agus Safei yang mengatakan bahwa partai politik lain masih memiliki kesempatan hingga hari ini pukul 24.00 untuk melengkapi dan menyerahkan berkas pendaftaran.
    
Menurut Safei, pada hari tersisa ini masing-masing parpol yang belum menyerahkan berkas harus berpacu melengkapi kekurangan agar bisa segera mendaftar kepesertaan Pemilu 2019.(*)

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017