Sidoarjo (Antara Jatim) - Bupati Sidoarjo, Jawa Timur, Saiful Ilah mengajak keikutsertaan relawan muda untuk aktif dalam kegiatan kemanusiaan, salah satunya keterlibatan Palang Merah Remaja (PMR) sebagai penyampai pesan, contoh dan teladan di sekolah.

"Relawan muda didorong sejak dini untuk menjadi pelopor dalam menyebarkan pemahaman mengenai gerakan kemanusiaan seperti mengikuti PMR," katanya di sela kegiatan HUT Ke-72 PMI tahun 2017 di Pendopo Kabupaten Sidoarjo, Minggu.

Dalam kesempatan itu, dirinya juga meminta PMI harus semakin eksis dan berkembang dalam menjalankan tugas kemanusiaan.

"Untuk itu PMI harus terus membina dan mengembangkan organisasinya. Selama ini PMI telah berbuat banyak untuk bangsa yakni membantu usaha-usaha pemerintah dan masyarakat dalam bidang kemanusiaan," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PMI Kabupaten Sidoarjo Djoko Sartono mengatakan jumlah kebutuhan darah di Kabupaten Sidoarjo dapat dipenuhi oleh PMI Kabupaten Sidoarjo yang jumlahnya mencapai 4.983 kantong darah.

"Bahkan, jumlah produksi darah dan komponen darah di Sidoarjo tahun 2016 mencapai 70.407 kantong darah. Hal tersebut setara dengan 3,2 persen melebihi standar kebutuhan darah suatu daerah yang ditetapkan WHO yakni 2 persen dari jumlah penduduknya," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, PMI Kabupaten Sidoarjo mampu memberikan bantuan kebutuhan darah kepada daerah lain yang membutuhkan.
 
"Kami patut bersyukur, berkat dukungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo berupa fasilitas gedung, sarana dan prasarana yang cukup memadai dan juga dukungan segenap unsur masyarakat, relawan donor darah, semua kebutuhan darah di Kabupaten Sidoarjo dapat terpenuhi," katanya.
 
Ia katakan, saat ini ada 977 anggota donor darah sukarela di Kabupaten Sidoarjo di antaranya 785 orang telah mendonorkan darahnya sebanyak 10 kali.

"Kemudian 116 orang yang telah mendonorkan darahnya sebanyak 25 kali. Selebihnya anggota donor darah sukarela yang telah mendonorkan darahnya sebanyak 50 kali, 75 kali dan 100 kali," katanya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pelntikan pengurus PDDI Kabupaten Sidoarjo periode 2017-2022. Pelantikan tersebut menetapkan Sakinah Akmad Thalib sebagai ketua PDDI Kabupaten Sidoarjo.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017