Sidoarjo (Antara Jatim) - Ribuan orang relawan dari Unusida dan YPM Sepanjang siap ditugaskan untuk membersihkan sampah pada peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang akan berlangsung di Sidoarjo, 22 Oktober mendatang.

Kepala SMK YPM1 Pendidikan dan Sosial Maarif Sepanjang Achmad Farich di Sidoarjo, Rabu mengatakan YPM mempersiapkan sekitar seribu relawan atau dikenal dengan "pasukan semut" yang terdiri dari pengurus dan anggota OSIS serta peserta didik.

"Hal ini sangat penting selain bertujuan ikut serta menyemarakkan hari santri juga bertujuan  untuk memberi pelajaran kepada siswa akan pentingnya kebersihan," katanya.

Menurutnya, beragam cara untuk turut berkhidmat dan memeriahkan puncak peringatan HSN seperti menjadi relawan untuk menjaga kondisi arena agar tetap bersih dan bebas sampah. 

"Hal ini sangat diperlukan karena massa yang diperkirakan hadir mencapai ribuan orang yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, santri pondok pesantren se-Sidoarjo dan juga banom lembaga di struktur Nahdlatul Ulama mulai tingkat cabang hingga ranting atau desa," katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Muhammad Najib selaku Kemahasiswaan Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo yang juga menyiapkan sebanyak seribu orang mahasiswanya untuk ikut andil dalam kegiatan ini.

"Dalam waktu dekat ini kami akan membuat aplikasi khusus bagi mahasiswa, pelajar dan masyarakat  umum yang ingin membantu panitia dalam urusan kebersihan," katanya.

Ia menjelaskan, hal ini sengaja dibuat oleh UNUSIDA mengingat sangat diperlukan tenaga yang extra banyak.

"Karena melihat dari paparan yang berikan PC Ansor Sidoarjo bahwa pusat kumpul masa dimulai dari tiga titik Yakni dimasjid Sumokali,  Masjid Agung  dan Desa Jati," ujarnya.

Sementara itu, Ketua PC GP Ansor Sidoarjo Rizza Ali Faizin mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang turut membantu suksesnya kegiatan ini.

"Baik lembaga dan banom NU, pemerintah dan sponsor yang turut serta memeriahkan acara ini," ujarnya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017