Surabaya (Antara Jatim) - Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) akan menggelar nonton bareng Film Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) di Kantor DPD Partai Golkar Surabaya Jalan Adityawarman, Surabaya pada Jumat malam ini.
     
"Ada sekitar 200 anggota AMPG yang akan menonton film ini," kata Ketua AMPG Surabaya Agung Prasodjo kepada Antara di Surabaya.

Menurut dia, nonton bareng film G30S/PKI ini dimaksudkan untuk mewaspadai agar kejadian masa lalu tidak terulang lagi. 

Selain itu, lanjut dia, film ini diputar agar anggota AMPG yang mayoritas kelahiran 1980 dan 1990 bisa tanggap dan tahu gaya gerakan PKI di masyarakat  dan pada akhirnya melaporkan pada pihak yang berwajib.     
"Anggota AMPG harus tahu bahwa di negeri ini pernah ada gerakan 30 September yang dilakukan PKI untuk melakukan kudeta," katanya.      

"Film ini akan kami putar pukul 19.00 dengan dihadiri Pak Blegur (Ketua DPD Golkar Surabaya)," ujarnya.

Agung mengatakan tidak hanya anggota AMPG yang menonton film ini, melainkan juga pengurus dan kader Golkar Surabaya dan masyarakat yang ada di sekitar kantor DPD Golkar Surabaya.

Diketahui Film G30S/PKI yang berdurasi sekitar 220 menit ini diproduksi pada 1984, dan almarhum Arifin C. Noer didapuk menjadi sutradara film itu. Pada masa pemerintahan Presiden Soeharto,  TVRI diminya menayangkan film itu setiap 30 September. Namun setelah, reformasi 1998 fim tersebut tidak lagi diputar hingga saat ini. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017