Sumenep (Antara Jatim) - Sebanyak 138 warga Kabupaten Sumenep mendaftar sebagai calon anggota panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan (panwascam) untuk Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur 2018.

"Angka tersebut hanya sementara, yakni jumlah pendaftar yang tercatat per Rabu (27/9) sore," kata Ketua Panwaslu Kabupaten Sumenep, Hosnan Hermawan di Sumenep, Kamis.

Panwaslu Sumenep menetapkan masa pendaftaran panwascam selama tujuh hari, yakni 23-30 September 2017.

Hosnan menjelaskan, pihaknya telah meminta tim penerima pendaftaran panwascam untuk mempermudah para pendaftar.

Caranya, staf yang ditunjuknya sebagai personel tim penerima pendaftaran tidak hanya menerima berkas persyaratan, akan tetapi langsung mengeceknya.

"Kalau ada kekurangan atau ada berkas yang perlu dibenahi, staf langsung memberitahu pendaftar agar segera melengkapi maupun memperbaikinya supaya mereka tidak bolak-balik ke kantor," ujarnya.

Sesuai data dari Panwaslu Sumenep per Rabu (27/9) sore, sebanyak 138 pendaftar panwascam itu tersebar di 27 kecamatan.

Jumlah sementara pendaftar terbanyak di posisi Panwascam Ganding, yakni sebanyak 11 orang, disusul Panwascam Batang Batang (10 orang), dan Panwascam Arjasa (9 orang).

Sementara pendaftar di tiga panwacam lainnya, yakni Manding, Raas, dan Talango, masing-masing untuk sementara hanya satu orang. 

Sumenep terdiri atas 27 kecamatan, dan sembilan di antaranya berada di wilayah kepulauan. 

Jumlah anggota panwascam di masing-masing kecamatan sebanyak tiga orang. (*)
Video oleh: Slamet Hidayat

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017