Jember (Antara Jatim) - Deklarasi Pemerintah Kabupaten Jember menuju kabupaten layak dan ramah anak dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Susana Yembise di Desa Ledokombo, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu.

Bupati Jember Faida mendeklarasikan Kabupaten Jember menuju Kabupaten Layak Anak di sela-sela kegiatan Festival Egrang VIII yang digelar Komunitas Tanoker di Desa/Kecamatan Ledokombo yang dihadiri sejumlah pejabat dan berbagai elemen masyarakat yang peduli terhadap perempuan dan anak.

"Dalam deklarasi itu yang penting adalah komitmen. Apabila ada komitmen pemerintah daerah dan melibatkan seluruh elemen masyarakat, maka sudah cukup untuk menjadi inisiasi bagi Kabupaten Jember menuju kabupaten layak anak," kata Bupati Jember Faida.

Untuk menjadi kota layak anak, lanjut dia, harus memenuhi sejumlah kriteria yang telah ditentukan, seperti tempat layanan anak, pemrograman kegiatan untuk anak, fasilitas untuk anak, pendidikan, kesehatan, dan pemenuhan hak-hak anak. 

"Program pemerintah ke depan akan mengikuti kriteria-kriteria kabupaten layak anak dan insya Allah dalam satu hingga dua tahun ini kami bisa memenuhinya. Ini adalah target Pemkab Jember," tuturnya.

Bupati perempuan pertama di Jember itu optimistis cita-cita Jember menjadi Kabupaten Layak Anak dapat tercapai dengan peran serta masyarakat, aktivis perempuan dan anak, media, dan elemen masyarakat lainnya.

Sementara Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise mengapresiasi komitmen Pemerintah Kabupaten Jember dalam mewujudkan kabupaten layak anak dengan melibatkan semua pihak.

Perempuan yang akrab dipanggil Mama Yo ini berpesan agar Bupati Faida membentuk desa-desa layak anak, seperti Desa Ledokombo yang membuka ruang kreativitas bagi anak-anak buruh migran.

"Dengan membentuk desa-desa layak anak, maka Kabupaten Jember semakin mudah untuk menjadi kabupaten layak anak," tuturnya.

Deklarasi menuju kabupaten layak anak ditandai dengan penandatanganan naskah deklarasi kesiapan Kabupaten Jember menuju Kabupaten Layak Anak oleh Bupati Jember Faida dan Menteri PPPA Yohana Yembise.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak juga memberikan penghargaan kepada Bupati Jember sebagai kabupaten yang melakukan inisiasi menuju kabupaten layak anak. (*)
Video oleh: Zumrotun Solichah

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017