Magetan (Antara Jatim) – Petugas pengamanan pendakian Gunung Lawu melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap 11 orang pendaki lawu yang kedapatan membawa bunga keabadian edelweis (Anaphalis javanica) di Pos Pengamanan Cemoro Sewu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Kamis (21/9).

Kepala Seksi Kadaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Fery Yoga Saputra yang ikut dalam kegiatan pengamanan pendakian Gunung Lawu 1 Suro di Pos Cemoro Sewu menyebutkan sebanyak 11 pendaki terkena OTT karena mencuri bunga edelweis.

"Operasi tangkap tangan pertama dilakukan terhadap pendaki berinisial ES asal Banyuputih, Lokojoyo, Batang, Jawa Tengah. Dia ditangkap petugas di pos pintu masuk jalur pendakian Cemoro Sewu saat dia mengambil KTP dan hendak keluar," kata Fery di Magetan, Jumat.

Pendaki ES, kata Fery, diminta untuk menyerahkan bunga edelweis yang dia petik di kawasan hutan Gunung Lawu tersebut kepada petugas.

"Petugas menyita bunga edelweis dari tangan pendaki yang kedapatan membawa bunga edelweiss tersebut. Selain itu pendaki diminta untuk membuat surat pernyataan untuk tidak mengulang perbuatannya," ujar Fery.

Masih menurut Fery, selain ES masih ada lagi 10 orang pendaki yang melakukan pencurian bunga edelweis. Petugas menyita bunga edelweis yang merupakan salah satu flora yang dilindungi tersebut dari 11 orang pendaki, yang selanjutnya mereka diberikan pengarahan dan diminta menandatangani surat pernyataan.

Dari 11 pendaki yang terkena OTT bunga edelweiss, dua orang pendaki asal Jawa Timur, selebihnya sembilan orang dari Jawa Tengah, antara lain Boyolali, Blora, Batang dan daerah lain yang naik melakukan jalur pendakian Cemoro Sewu.

"Menurut pengakuan mereka, bunga edelweiss rata-rata diambil di kawasan hutan antara pos III ke pos II dalam perjalanan turun ke Cemoro Sewu," kata Fery.(*)

Pewarta: Siswowidodo

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017