Jember (Antara Jatim) - Panglima Kodam V/Brawijaya Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko bertindak sebagai inspektur membuka upacara Pendidikan Bintara Khusus Babinsa 2017 di Sekolah Calon Bintara (Secaba) Rindam V Brawijaya, Kabupaten Jember, Selasa.

"Pendidikan pembentukan bintara khusus babinsa itu diikuti oleh prajurit Tamtama yang telah dipilih dan hal itu berbeda dengan pendidikan pembentukan yang lain karena ini dilaksanakan secara singkat selama satu bulan," kata Pangdam V/Brawijaya kepada sejumlah wartawan di Jember.

Menurutnya prajurit yang mengikuti pendidikan tersebut adalah Tamtama yang selama ini sudah menjadi Babinsa sebanyak 206 prajurit TNI AD dan mereka telah memiliki kriteria tertentu melalui seleksi ketat yang telah dilakukan sebelumnya.

"Mereka yang terpilih untuk mengikuti pendidikan pembentukan bintara khusus dan dalam satu bulan kedepan akan dilantik menjadi bintara dengan pangkat sersan dua," tuturnya.

Jenderal bintang dua tersebut mengucapkan selamat kepada para Tamtama yang terpilih untuk mengikuti Pendidikan Babinsa dengan tujuan pendidikan untuk meningkatkan kemampuan Prajurit TNI AD yang berpangkat Tamtama, sehingga menjadi Bintara Pembina Desa dengan pembentukan Tri Pola Dasar Pendidikan yaitu mental, fisik dan pola pikir yang berjiwa Sapta Marga dan Sumpah Prajurit.

Ia mengatakan TNI masih membutuhkan Babinsa dalam jumlah yang besar, sehingga pendidikan pembentukan khusus babinsa telah dilakukan beberapa kali dan ke depan akan dilaksanakan lagi.

"Kami berharap prajurit Tamtama yang meningkat menjadi Bintara mampu bekerja lebih baik, semangat lebih tinggi, dan menguasai tugasnya dengan maksimal. Pendidikan itu sudah diorientasikan pada tugas Babinsa," katanya.

Dalam kegiatan upacara pembukaan pendidikan khusus bintara di Lapangan Secaba dihadiri oleh Danrem 083/Bdj Kolonel Inf Bangun Nawoko, Danrindam V/Brw Kolonel Inf Yufti Sanjaya, Dandim 0824 Letkol Inf Rudianto, Bupati Jember Faida bersama sejumlah pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yakni Kepala Kejaksaan Negeri Jember Ponco Hartanto, Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, dan Ketua DPRD Jember Thoif Zamroni.

Pangdam V/Brawijaya juga mengunjungi Markas Batalyon Artileri Medan (Mayon Armed) 8/105 Tarik untuk mengecek berbagai sisi pangkalan dan memberikan pengarahan kepada anggota prajurit setempat.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017