Kediri (Antara Jatim) - Seekor sapi jantan untuk kurban pada Idul Adha 2017 mengamuk saat akan  isembelih di markas Kepolisian Resor Kediri, sehingga  membuat panik petugas pemotongan hewan kurban. 
     
Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Kediri AKP Mukhlason, Jumat mengemukakan sapi tersebut rencananya akan disembelih tapi tiba-tiba lepas dari ikatan dan lari ke posko pembagian daging di Mapolres Kediri.
     
"Sapi itu langsung lari menuju posko pembagian daging dan mengacak-acak isi di dalam posko. Petugas pemotongan daging yang ada di posko panik dan melarikan diri, menyelamatkan diri," katanya di Kediri.
     
Sapi dari polsek jajaran di Polres Kediri berusaha ditenangkan anggota dan kemudian disembelih seperti hewan kurban lainnya.
     
Jajaran Polres Kediri  pada Hari Raya Idul Adha 2017 menyembelih sembilan ekor sapi dan lima ekor kambing. Dagung kurban kepada masyarakat yang berhak.
     
    
Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri Tutik Purwaningsih mengatakan sudah menurunkan empat tim untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban.di seluruh Kabupaten Kediri.
     
"Terpantau ada 54 titik pemotongan hewan kurban di Kabupaten Kediri. Kami menurunkan empat tim untuk memantau proses penyembelihan hewan serta kesehatan daging hewan kurban," katanya.
     
Tutik juga menambahkan, sebelumnya Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri juga telah melakukan sosialisasi terkait dengan teknis penyembelihan hewan kurban yang baik. Petugas takmir juga diberi pengetahuan misalnya cara merobohkan hewan yang baik, sehingga proses penyembelihan juga berlangsung dengan lancar.
    (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017