Surabaya (Antara Jatim) - Perseroan Terbatas Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mengirim semen murah ke Rote dan Waingapu, Kupang, dari Terminal Jamrud, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, sebagai bagian menjalan program Rumah Kita dan BUMN Hadir untuk Negeri.

Direktur Utama Pelindo III Ari Askhara Danadiputra di Surabaya, Kamis, mengatakan bahwa pengiriman itu merupakan kali kedua untuk program Rumah Kita sebab sebelumnya Pelindo III bekerja sama dengan Bulog, PT Semen Indonesia, dan PT Pelni juga melakukan pengiriman. Namun, untuk jenis barang kebutuhan pokok beras.

"Pengiriman semen hari ini bertujuan menekan disparitas harga semen yang ada di kawasan Indonesia timur," kata Askhara yang ditemui usai secara resmi melepas secara seremonial enam petikemas berisi semen ke Rote.

Ia mengatakan bahwa pengiriman semen kali ini bervolume 2.700 sak untuk wilayah Waingmu dan Rote dengan total enam petikemas. Adapun perincian satu petikemas berisi 450 sak semen yang pengirimannya dengan Kapal Pelni.

"Kami berharap pengiriman semen ini dapat mengurangi disparitas harga bahan-bahan strategis di Indonesia timur, dan semen di sana bisa menjadi Rp47.500,00 dari harga sekitar Rp55 ribu untuk ukuran berat 40 kg," tuturnya.

Selain itu, kata Ari, dengan menekan disparitas harga di wilayah Indonesia timur dapat mendorong daya beli masyarakat di wilayah setempat.

"Pelindo III bertugas untuk menyediakan dan menyiapkan tempat perdagangan dan tempat penyimpanan untuk bahan kebutuhan pokok. Selain itu, juga menyiapkan rencana lokasi pelabuhan, gudang, fasilitas, dan peralatan serta pelayanan jasa kepelabuhanan," tuturnya.

Sementara itu, Vice President Corporate Communication Pelindo Ill Widyaswendra mengatakan bahwa program Rumah Kita merupakan program Kementerian Perhubungan sebagai pendukung program Tol Laut.

Program Rumah Kita, kata dia, berfungsi sebagai pusat logistik dan merupakan tempat untuk menampung barang-barang guna mempertahankan harga sekaligus mengumpulkan barang.

"Pada program ini, kami dari Pelindo III diberi tanggung jawab untuk di wilayah Dompu, Waingapu, Rote, dan Kalabahi. Dengan adanya program Rumah Kita mampu mendorong perekonomian di wilayah Indonesia timur," tuturnya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017