Surabaya (Antara Jatim) - Perseroan terbatas Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya menambah rangkaian kereta/gerbong dua KA di wilayah setempat untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang pada libur Idul Adha 2017.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Gatut Sutiyatmoko di Surabaya, Rabu mengatakan dua KA yang ditambah rangkaiannya meliputi KA Sancaka Pagi tujuan Surabaya-Yogyakarta dan KA Gajayana relasi Malang-Gambir.

Gatut mengatakan untuk KA Sancaka Pagi dengan keberangkatan pukul 07.30 WIB, semula membawa rangkaian tiga kelas ekonomi new image dan lima kelas eksekutif dengan total 490 tempat duduk, namun mulai tanggal 1-2 September 2017 akan membawa empat kelas ekonomi new image dan lima kelas eksekutif sehingga total 570 tempat duduk.

Sedangkan untuk KA Gajayana, kata Gatut, awalnya membawa rangkaian delapan kelas eksekutif dengan total 400 tempat duduk, dan pada 3 September akan membawa sembilan kelas eksekutif sehingga total 450 tempat duduk.

"Kami tambahkan rangkaian KA ini sebagai antisipasi lonjakan penumpang pada masa liburan Idul Adha 2017, dan kami harapkan mampu memenuhi kebutuhan penumpang," katanya.

Sebelumnya, Gatut mengaku juga akan menjalankan dua kereta api tambahan, yakni KA Gayabaru Malam Selatan Premium relasi Surabaya Gubeng – Pasarsenen Jakarta dengan membawa 10 gerbong kelas ekonomi premium dengan total 768 tempat duduk. 

"KA Gayabaru Malam Selatan Premium kami jalankan mulai tanggal 16 Agustus 2017 yang lalu, dengan jadwal keberangkatan pada pukul 15.00 WIB," katanya.

Selanjutnya, kata dia, adalah menjalankan KA Sembrani Tambahan relasi Surabaya Pasar Turi–Gambir Jakarta yang membawa tujuh gerbong kereta kelas eksekutif dengan total 350 tempat duduk. 

"Untuk KA Sembrani Tambahan, akan kami jalankan pada tanggal 3 September 2017 dengan jadwal keberangkatan pada pukul 20.30 WIB," tuturnya.

Sementara itu untuk mendukung kelancaran operasional KA dan pelayanan penumpang, Gatut mengaku, Daop 8 Surabaya juga mendirikan posko pemantauan di beberapa stasiun. 

"Total keberangkatan kereta api dari Daop 8 Surabaya sebanyak 80 KA reguler dengan total tempat duduk perharinya mencapai yakni 40.666 tempat duduk," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017