Surabaya (Antara Jatim)  - Komunitas Innova Jawa Timur bersama Dinas Perikanan dan Kelautan Jatim serta jajaran Pemkab Blitar melakukan penghijauan Pantai Serang di Blitar  dengan tanaman mangrove  sekaligus melepasliarkan tukik atau anak penyu di pantai  tersebut pada 20 Agustus 2017.

District AG Laskar PETA, M. Sadam Laksana, dalam keterangan persnya kepada Antara di Surabaya, Rabu, mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga ekosistem pesisir dan pantai dengan menanam vegetasi pantai dan pohon mangrove supaya tidak rusak serta menjaga kelestarian habitat penyu.

"Dengan melepas tukik yang telah mengalami proses penetasan untuk dikembalikan ke laut maka diharapkan dapat sebagai sarana edukasi dan warisan kepada generasi muda untuk lebih mengenal dan memahami ekosistem laut," katanya.

Sejalan dengan semangat tersebut, maka komunitas IJT bersama pihak terkait merasa terpanggil untuk berperan aktif dalam pelestarian ekosistem laut.  Turut ambil bagian dalam kegiatan itu anggota  IJT District AG Raya - Kediri, District Tuban, dan tentunya tuan rumah District AG Laskar PETA.


Sementara itu, hadir dalam acara tersebut di antaranya Bupati Blitar H Rijanto, mantan Bupati Blitar Heri Nugroho, Komandan Kodim 0808 Letkol (Arh) Surya Dani, jajaran Dinas Perikanan dan Kelautan Jatim dan pejabat di jajaran Pemkab Blitar dan Muspika Panggungrejo.

Bupati Blitar  H Rijanto berharap IJT bisa sebagai Duta Pariwisata untuk menyelenggarakan kegiatan otomotif, baik yang rutin maupun tahunan di Kabupaten Blitar. (*)

Pewarta: Rudy P

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017