Surabaya (Antara Jatim) - Anggota Komisi X DPR RI Ridwan Hisjam berharap semangat kontingen Indonesia terus memuncak agar bisa meraih prestasi dan menembus posisi dua besar pada SEA Games 2017 di Malaysia.

"Perjuangan belum berakhir dan saya yakin Indonesia mampu mendulang emas sebanyak-banyaknya," ujarnya ketika ditemui wartawan di Surabaya, Sabtu.

Menurut dia, dua besar menjadi posisi yang harus diraih karena atlet-atlet "merah putih" dikenal memiliki semangat juang serta harapan tinggi agar mampu membawa nama bangsa lebih baik.

"Kita harus optimistis dan warga Indonesia di manapun berada pasti mendoakan yang terbaik bagi atlet Indonesia," ucap politikus asal Partai Golkar tersebut.

Hingga saat ini, di posisi perolehan medali sementara, Indonesia masih bercokol di peringkat lima di bawah Malaysia, Vietnam, Singapura serta Thailand.

"Kalau bisa, Indonesia jangan sampai tertahan di posisi sama seperti SEA Games 2015 Singapura yang berada di urutan kelima. Tahun ini harus lebih baik," katanya.

Sementara itu, pria yang akrab disapa RH tersebut mengakui prestasi atlet Indonesia tidak bisa disulap karena harus melalui proses panjang, ditambah dukungan dari berbagai segi.

Ia mengakui proses pembinaan olahraga berjalan belum maksimal dan sesuai harapan, namun ini tidak bisa disalahkan karena prioritas pemerintah sekarang adalah pembenahan ekonomi.

"Sebagai komisi mitra Kementerian Pemuda dan Olahraga di legislatif, saya tahu bagaimana dan berapa anggaran untuk peningkatan olahraga. Anggaran yang tersedia memang mayoritas untuk fasilitas. Tapi ini bisa dimengerti karena fokus sekarang adalah pembenahan infrastruktur," katanya.

Di SEA Games yang digelar 14-30 Agustus 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, kontingen Indonesia berkekuatan 755 orang, dengan rincian 534 atlet, 166 orang ofisial pelatih dan manajer, serta 55 orang perangkat pendukung. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017