Blitar (Antara Jatim) - Sejumlah hewan yang dijual di Pasar Hewan Kota Blitar, Jawa Timur, diperiksa petugas Dinas Perternakan Kota Blitar, guna memastikan kesehatan hewan yang akan dikurbankan di Hari Raya Idul Adha 2017.
     
"Pemeriksaan ini sengaja kami lakukan untuk melihat kesehatan ternak, termasuk fisik dan suhunya normal atau tidak," kata Kepala Seksi Kesehatan Dinas Peternakan Kota Blitar Chisni Purnama di Blitar, Jumat.
     
Pemeriksaan hewan kurban itu dilakukan di Pasar Hewan Dimoro, Kota Blitar. Hewan kurban yang dijual di tempat tersebut diperiksa kesehatannya seperti kulit dan gigi, guna memastikan kesehatan hewan itu. 

Saat pemeriksaan, diketahui terdapat sejumlah hewan yang sakit. Di kulit hewan sapi yang dijual pedagang tersebut terdapat luka lecet. Selain itu, di sekitar mata juga  ada luka, dan banyak lalat. Sedangkan sapi lainnya, juga terdapat rambut yang rontok. 

Petugas langsung menyemprotkan obat anti lalat, sebagai upaya agar parasit tidak sampai masuk ke dalam tubuh sapi.   "Memang ada luka-luka kecil, tapi tidak terlalu mengganggu. Itu luka bisa karena pengaruh angkutan dan sejauh ini sebagian besar sehat," katanya.
     
Selain memeriksa sapi, petugas juga memeriksa kambing yang dijual di tempat tersebut. Petugas bahkan mengukur suhu tubuh kambing, guna mengetahui kondisinya apakah suhu tubuhnya normal atau panas. Dari beberapa kambing yang diperiksa, diketahui ada yang suhu tubuhnya di atas normal.
     
"Untuk suhu normal itu sekitar 37-39 derajat celcius. Tapi, tadi memang ada di atas itu, karena kepanasan saja," ujarnya.
     
Petugas Dinas Pertenakan Kota Blitar  mengimbau pada pemilik ternak agar menjaga kesehatan ternak mereka. Petugas juga siap memberikan vitamin pada ternak agar hewan kurban juga sehat. 
     
 Sementara itu, harga hewan kurban di pasar tersebut saat ini juga sudah mulai naik.Harga sapi naik mulai Rp500 ribu hingga Rp1 juta, tergantung besarnya sapi. Harga sapi saat ini mulai Rp18 juta per ekor hingga di atas Rp20 juta.
     
Harga kambing juga mulai merangkak naik. Harga kambing sekitar Rp2 juta hingga Rp5 juta per ekor, tergantung besar atau kecilnya kambing. Harga tersebut juga sudah naik sampai ratusan ribu rupiah per ekor. 
     
Jianto, salah seorang penjual mengaku, permintaan sapi juga mulai banyak. Dalam sehari, setidaknya bisa menjual tiga ekor sapi dengan berbagai jenis dan berat. Para pembeli mayoritas warga Blitar, yang rencananya akan disembelih saat Hari Raya Idul Adha 2017.  (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017