Surabaya (Antara Jatim) - Gubernur Jawa Timur Soekarwo menerima penghargaan sebagai Pembina Bank Pembangunan Daerah (BPD) Terbaik Indonesia 2017 dalam acara Anugerah Perbankan Indonesia VI di Singapura.

"Penghargaan diberikan karena kepemimpinan Gubernur dinilai mampu membina BPD Jatim sehingga berkembang sebagai penggerak ekonomi utama di wilayahnya," ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim Benny Sampir Wanto ketika dikonfirmasi di Surabaya, Rabu.

Menurut dia, kinerja perusahaan BPD di Jatim telah dinilai sebelumnya dari data publik disertai data pendukung lainnya dari berbagai sumber dengan hasik sangat baik.

Ia mengatakan, terdapat sepuluh kategori yang dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari perwakilan enam lembaga tersebut.

"Tujuh dari sepuluh kategori berhasil mendapat skor tinggi, grade A, dan predikat sangat memuaskan," ucap mantan kepala biro kerja sama Setdaprov Jatim tersebut.
 
Keberhasilan Gubernur, kata dia, melengkapi penghargaan-penghargaan di bidang Perbankan tingkat nasional yang telah diterima beberapa kali sebelumnya. 
 
"Antara lain, penghargaan Pelopor Inklusi Keuangan Kategori Pemerintah Daerah 2016, serta penghargaan sebagai tokoh bidang pengembangan keuangan syariah kategori pendorong akselerasi pertumbuhan keuangan syariah 2017," katanya.

Penghargaan yang digelar hari ini tersebut diberikan oleh majalah Majalah Economic Review bekerja sama dengan sejumlah pihak, yakni Perbanas Institute, IPMI International Business School, Daya Makara UI, Indonesia-Asia Institute dan Ideku Group.

Sebelum berangkat ke Singapura, Gubernur Jatim kepada wartawan mengaku bersyukur atas penghargaan tersebut dan digunakan sebagai motivasi agar ke depan lebih baik.

"Jangan lantas puas, tapi pergunakan sebagai pelecut melayani lebih bagus dari sebelumnya. Jangan sampai kepercayaan masyarakat terhadap BPD malah berkurang," kata Pakde Karwo, sapaan akrabnya.

Sementara itu, pada kesempatan sama Bank Jatim juga meraih penghargaan BPD Indonesia terbaik 2017 dengan menempati peringkat pertama sebagai BPD dengan kategori Buku III yang asetnya di bawah Rp50 triliun.

Prestasi Bank Jatim juga diikuti keberhasilan Direktur Utama, R.Soeroso, yang pada acara sama dianugerahi penghargaan "Best of the Best" atau Juara Umum Indonesian "CEO Bank of The Year" 2017. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017