Surabaya (Antara Jatim) - Badan Pengawas (Bawas) Perusahaan Daerah Pasar Surya (PDPS) menyatakan rekrutmen ulang calon Dirut PDPS diperkirakan akan dilakukan pada akhir Agustus 2017.
     
"Mudah-mudahan akhir Agustus ini sudah bisa dimulai," kata Ketua Bawas PDPS Rusli Yusuf kepada Antara di Surabaya, Minggu.

Menurut dia, sejak Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta rekrutmen calon dirut PDPS diulang atau dibuka kembali  menyusul nilai hasil rekrutmen sebelumnya tidak memuaskan pada Juli lalu, hingga saat ini belum dilakukan rekrutmen ulang karena pihaknya masih mengajukan anggaran sebesar Rp250 juta.

"Rerkutmen belum dilakukan karena masih menunggu pengajuan anggaran dalam perubahan anggaran keuangan (PAK) PDPS 2017," kata ujarnya.

Menurut dia, pengajuan anggaran tersebut digunakan untuk keperluan rekrutmen mulai dari awal sampai akhir. Untuk semua itu, lanjut dia, dibutuhkan waktu sekitar dua bulan.

Saat ditanya apa tim seleksi dan tim penguji akan diganti, Rusli mengatakan untuk tim seleksi kemungkinan akan diganti, sedangkan tim penguji akan dikonsultasikan.  

"Untuk tim penguji akan kami konsultasikan dulu ke wali kota," ujarnya.

Mengenai tiga calon yang sempat tidak ditolak wali kota, Rusli mengatakan tidak ada masalah karena ketiganya masih diperkenankan untuk daftar kembali. "Siapapun boleh, asalkan memenuhi syarat," ujarnya.

Dewas PDPS sebelumnya telah mengirimkan tiga dari enam nama calon dirut PDPS hasil penilaian yang dilakukan yakni Dwi Hari (mantan Direktur Teknik dan Pelaksana Tugas/Plt Dirut PD Pasar), Bambang Parikesit (Plt. Dirut PD Pasar) dan Muhammad Sunar (pengusaha konstruksi).   

Hanya saja Risma kurang sreg dengan tiga nama tersebut sehingga Bawas mengirim kembali hasil penilaian lengkap dari tiga calon tersebut. Namun, Risma menilai ketiga calon kurang layak sehingga meminta bawas melakukan rekrutmen ulang.

Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Surabaya Kholid sebelumnya mengatakan  pihaknya akan menggunakan skema baru dalam rekrutmen ulang calon direktur utama PDPS yakni pola assesment calon dirut yang menekankan pada layanan.  

"Dalam assesment nanti para calon dirut akan ditanya bagaiamana mereka bisa melakukan managemen yang baik terhadap aset PDPS yang besar itu. Ini penting karena PD Pasar mau memberikan layanan terbaik kepada masyarakat khususnya pedagang secara transparan," katanya.

Dari sisi kinerja, lanjut dia, PD Pasar Surya memiliki tanggung jawab untuk memberikan sarana dan prasarana yang baik. Hal itu bisa diwujudkan dengan keberadaan pasar yang memadai dan representatif. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017