Surabaya (Antara Jatim) - Forum Komunikasi Lembaga Jasa Keuangan Daerah Jawa Timur (FKJLK Jatim) melakukan pendekatan kepada masyarakat melalui goyang zumba, sebuah senam aerobik yang kini sedang "viral" atau digemari.

Memanfaatkan momen hari bebas kendaraan bermotor atau "car free day" di Jalan Raya Darmo Surabaya, tepatnya di depan Kantor Bank Muamalat, tampak masyarakat antusias mengikuti senam zumba, pada Minggu pagi.

"Sekaligus acara ini kami gelar dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia," ujar Ketua FKLJK Jatim Soekamto saat ditemui di sela-sela kegiatan tersebut.

Menurut dia, kegiatan senam Zumba sengaja digelar di depan Kantor Bank Muamalat, Jalan Raya Darmo Surabaya, yang merupakan salah satu anggota FKLJK Jatim, karena dinilai strategis sebagai tempat berkumpulnya massa pada Minggu pagi.

"Karena setiap Minggu pagi kawasan Jalan Raya Darmo diterapkan `Car Free Day` dan banyak masyarakat yang belum mengenal FKLJK. Sehingga inilah saatnya kami memperkenalkan dan mendekatkan diri dengan masyarakat," ujarnya.

Kegiatan tersebut juga diikuti ratusan karyawan dari berbagai bank di Surabaya serta segenap anggota FKLJK Jatim lainnya.

Soekamto yang juga menjabat Kepala Otoritas Jasa Keuangan Regional IV Jawa Timur menjelaskan bahwa FKLJK Jawa Timur dibentuk untuk mendukung percepatan perluasan akses keuangan dan pertumbuhan ekonomi yang lebih merata, di antaranya melalui pemberian kemudahan mendapatkan modal bagi pelaku usaha, termasuk usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Anggotanya terdiri dari kalangan perbankan, pelaku pasar modal dan pelaku industri keuangan nonbank di wilayah Jawa Timur," katanya.

Soekamto menyebut keberadaan FKLJK Jawa Timur telah memberi nilai tambah bagi perkembangan perekonomian di Jawa Timur, baik dari segi perbankan maupun pasar modal dan industri. "Hal ini terbukti dari pertumbuhan ekonomi Jawa Timur yang melampau nasional, yaitu sebesar 5,6 persen," ucapnya.(*)

Pewarta: Hanif N

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017