Surabaya (Antara Jatim) - Majelis Alumni (MA) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jawa Timur siap mempertemukan tiga alumni IPNU-IPPNU, yakni Saifullah Yusuf (Gus Ipul/Wagub Jatim), Khofifah Indar Parawansa (Mensos), dan Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi) dalam sebuah sarasehan.

"Sarasehan yang dirangkai dengan Anugerah MA IPNU Award 2017 di Surabaya pada 20 Agustus itu akan dibuka Ketua Umum PBNU Prof KH Said Aqil Sirodj sebagai pembicara kunci," ujar Ketua Panitia Sarasehan M Isa Anshori SE MSi di Surabaya, Sabtu.

Dalam siaran persnya, dosen Unijoyo Madura itu menjelaskan sarasehan juga akan dihadiri pegiat MA IPNU dari Kalbar, Jakarta, Jabar, Jateng, Yogyakarta, dan alumni IPNU-IPPNU se-Jatim yang bergerak dalam bidang pendidikan, ekonomi, politik, dan sosial kemasyarakatan.

"Jadi, silaturahim itu memang bertujuan untuk mempertemukan para alumni IPNU yang tersebar dimana-mana. Ya, ibarat reuni IPNU dan ISNU (Ikatan Sarjana NU), karena Abdullah Azwar Anas yang mantan Ketua PP IPNU itu kini juga menjadi Ketua PW ISNU Jatim dan Bupati Banyuwangi," ucapnya.

Sementara itu, Wagub Jatim Saifullah Yusuf juga mantan Wakil Ketua PP IPNU dan kini juga dipercaya sebagai salah satu Ketua PBNU, sedangkan Khofifah yang kini Mensos adalah mantan Ketua IPPNU Surabaya dan juga kini menjadi Ketua Umum PP Muslimat NU.

"Dalam acara itu, Ketua Umum PBNU akan berbicara tentang peran kader NU dalam kancah kebangsaan dan sosial-kemasyarakatan, sekaligus mendorong perlunya keterlibatan kader NU dari kalangan IPNU dan IPPNU dalam percaturan politik yang berlandaskan akhlakul karimah," katanya.

Setelah tausiyah Ketua Umum PBNU itu, sarasehan akan diawali dengan penganugerahan "MA IPNU Award 2017" dalam bidang politik, pendidikan, dan ekonomi.

Panitia sudah menerima sejumlah nominasi peraih "award" yang diusulkan  kader-kader alumni IPNU se-Jatim dari tingkat cabang/kabupaten/kota, lalu panitia akan mengumumkan peraih "award" saat sarasehan dimulai.

Nominasi peraih "award" bidang politik, antara lain Abdullah Azwar Anas, H Halla Muchtar (mantan Ketua PC IPNU Mojokerto/mantan Ketua Utama PW IPNU Jatim/Ketua PCNU Mojokerto/politisi), H Irsyad Yusuf (mantan Ketua PC IPNU Pasuruan/Bupati Pasuruan), H Fatchul Huda (Bupati Tuban), H As'ad Ali (Bupati Lumajang), dan sebagainya.

Nominasi peraih "award" bidang pendidikan, antara lain Dr (Cd) Hasan Abadi SAg Msi (mantan Ketua IPNU Malang/ mantan Wakil Ketua PW IPNU Jatim/Rektor Univ. Raden Rahmat Malang), KH Abdul Hamid Wahid MAg (Gus Hamid/mantan Ketua PW IPNU Jatim/Rektor Univ. Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo), Drs M Mas’ud Yunus (Wali Kota Mojokerto/LP Maarif Mojokerto) dan sebagainya.

Nominasi peraih "award" bidang ekonomi, antara lain H Muhibbin Billah (mantan Ketua IPNU Surabaya/CEO Travel Umroh BCA Jatim), H Mustofa SE (dosen ekonomi syariah Univ. Tulungagung/CEO BMT Sahara Tulungagung/mantan Ketua PC IPNU Tulungagung/mantan Wakil Ketua PW IPNU Jatim), dan sebagainya.

"Target kami, sarasehan dapat memperkuat jejaring alumni dalam berbagai sektor, antara lain jejaring pendidikan akan memberi beasiswa kepada kader IPNU yang menempuh S2 dan S3, jejaring ekonomi akan mewujudkan wirausaha muda yang agamis, dan jejaring politik akan mendorong terwujudnya Graha Pelajar Jawa Timur," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017