Situbondo (Antara Jatim) - Beragam cara dilakukan masyarakat di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-72 Repubik Indonesia (HUT ke-72 RI).

Seperti yang dilakukan oleh puluhan warga di Lingkungan Paaraman Selatan, Kelurahan Dawuhan, Kecamatan Kota Situbondo, Jawa Timur, Rabu (16/8) malam menggelar do'a bersama yang ditujukan kepada para Pahlawan yang gugur di medan perang dalam merebut Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Doa bersama pada malam ini atau sebelum Upacara 17 Agustus 2017 besok, tujuan utamanya agar sesama anak bangsa Indonesia lebih memiliki rasa kedamaian dan dapat menjaga kebersamaan serta persatuan dan keutuhan dalam bingkai NKRI," ujar Wawang, Ketua RW 1 Lingkungan Paaraman, Kelurahan Dawuhan, Kecamatan Kota Situbondo.

Selain itu, katanya, doa bersama ini juga bertujuan tetap menjaga kerukunan dan kekompakan antarwarga dan meningkatkan silaturrahim.

"Kendati warga di sini melakukan doa bersama secara sederhana dalam pada HUT ke-72 RI, namun kami semua bersungguh-sungguh berdoa memohon kepada Sang Pencipta untuk dikabulkan agar kami bisa hidup rukun dan damai," tuturnya.

Ia menambahkan, doa bersama kepada arwah para pahlawan yang gugur di medan perang, masyarakat wajib mendoakan karena jasanya merebut kemerdekaan dan mendirikan negara Indonesia.

Dalam pantauan, acara doa bersama HUT ke-72 RI ini warga juga menyediakan tumpeng berwarna merah putih, dan selanjutnya setelah menggelar doa, warga bersama-sama berebut menyantap tumpeng tersebut. (*)
Video oleh: Novi Husdinariyanto
 

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017