Surabaya (Antara Jatim) - Perseroan Terbatas Pelindo III mulai mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) di Terminal Teluk Lamong, Surabaya melalui cucu perusahaanya PT Lamong Energi Indonesia (LEGI) yang bergerak di bidang utilitas dan energi.

Direktur PT LEGI Edward Danner di Surabaya, Rabu mengatakan pengoperasian PLTMG digunakan sesuai dengan kebutuhan listrik Terminal Teluk Lamong dengan kapasitas terpasang sebesar 6,6 MW (Megawatt) melalui dua mesin, masing–masing berkapasitas 3,3 MW. 

"Kami merupakan perusahaan pertama yang melakukan penyediaan listrik di area pelabuhan di Indonesia, dan merupakan anak perusahaan PT Terminal Teluk Lamong (TTL) yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan energi, utilitas serta pelaksanaan bisnis noninti di kawasan pelabuhan," katanya. 

Edward mengaku, pengoperasian pembangkit tersebut juga sebagai bagian dari konsep ramah lingkungan keberadaan pelabuhan TTL yang terus berkomitmen menjaga konsistensi kebersihan lingkungan melalui pengurangan emisi gas buang.

"Sebelumnya, TTL juga menggunakan alat semi otomatis berbahan bakar listrik dan gas. Sehingga PT LEGI didirikan untuk memberikan kontribusi keramahan lingkungan pada fasilitas dan peralatan operasional TTL melalui penyediaan energi listrik dan gas," katanya.

Sementara itu, kata Edward, dalam operasionalnya PT LEGI bekerja sama dengan PT Widar, anak perusahaan dari PT Perusahaan Gas Negara (PGN), PT Pertamina (Persero) group, serta PT Pembangkit Listrik Negara (PLN) Group.

"Proses tes operasional PLTMG telah dilakukan pada masing–masing engine secara bertahap dan disesuaikan dengan kapasitas beban maksimum yang dimiliki TTL terhadap kapasitas engine,” ujarnya.

Edward mengatakan, kerja sama dengan beberapa perusahaan BUMN tersebut juga sebagai wujud sinergi BUMN untuk negeri.

Ke depan, kata dia, kontribusi PT LEGI akan dilanjutkan pelayanan curah kering dan bisnis non inti lainnya, seperti penyediaan air, listrik, bahan bakar, broadband, dan lainnya sehingga perusahaan ini akan terus besar dan berkembang. 

"PT LEGI siap mendukung penyediaan listrik, energi, dan utilitas beserta turunan bisnisnya. Dan kami yakin, ke depan akan semakin besar," katanya. ***3***

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017