Sampang (Antara Jatim) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0828 Sampang di Pulau Madura, Jawa Timur mengibarkan bendera raksasa berukuran 7x12 meter guna menyambut HUT Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Bendera itu dipasang di sebuah menara milik salah satu provider perusahaan telekomunikasi di Jalan Jaksa Agung Suprapto Sampang dengan ketinggian sekitar 50 meter.

"Pengibaran bendera raksasa ini untuk menyambut HUT Ke-72 Kemerdekaan RI, sekaligus sebagai upaya untuk menggugah semangat juang warga Sampang, mengenang kembali jasa para pahlawan bangsa ini yang telah memperjuangkan kemerdekaan bangsa kita pada 72 tahun lalu," ujar Komandan Kodim 0828 Sampang Letkol Inf Indrama Bodi di Sampang, Selasa.

Ia menjelaskan bendera raksasa berukuran 7x12 meter dijahit selama tiga hari satu malam.

Proses penjahitan dilakukan langsung dengan melibatkan tukang jahit dan dipantau langsung prajurit Kodim 0828 Sampang.

Pengibaran bendera merah putih di titik pintu masuk Kota Sampang itu, juga diharapkan bisa mengingatkan masyarakat akan pentingnya memeriahkan HUT Kemerdekaan RI sebagai bentuk syukur atas anugerah  kemerdekaan yang telah diraih bangsa Indonesia.

"Masyarakat juga harus menanamkan jiwa nasionalisme kepada generasi muda dan menghormati para pahlawan-pahlawan," ujarnya.

Pemasangan bendera raksasa tu membutuhkan waktu selama 60 menit sejak pukul 08.00 hingga 09.00 WIB.

Pemasangan bendera di ketinggian sekitar 50 meter itu dilakukan oleh empat orang prajurit TNI AD.

Setelah terpasang, para prajurit dari Kodim 0828 Sampang selanjutnya memberikan penghormatan dan berdoa bersama dengan tujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar bangsa ini terbebas dari berbagai jenis bahaya dan ancaman akan keutuhan NKRI. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017