Toronto (Antara/Reuters) - Karolina Pliskova terus mengukuhkan peran barunya sebagai petenis peringkat satu dunia dengan mencapai perempat final Piala Rogers, ketika petenis remaja Jepang Naomi Osaka terpaksa mengundurkan diri karena cedera perut pada Kamis.   
   Petenis kualifikasi berusia 19 tahun itu, yang menghuni peringkat ke-19 dunia, memberi perlawanan tangguh kepada Pliskova, memenangi tiebreak set kedua, namun setelah servenya dipatahkan untuk membuka set ketiga ia kemudian memanggil pelatihnya dan beberapa saat kemudian mengundurkan diri dalam kondisi tertinggal 2-6, (4)7-6, 0-1.

Unggulan kedua asal Romania Simona Halep dan unggulan keenam mantan sekaligus mantan petenis peringkat satu dunia Caroline Wozniacki tidak memerlukan pertolongan untuk mencapai delapan besar ketika mereka menaklukkan lawan-lawannya.   

Halep memberi sinyal bahwa ia mempersiapkan diri dengan baik untuk dapat mempertahankan gelar Rogersnya dengan kemenangan meyakinkan 6-1, 6-0 atas petenis peringkat 26 dunia Barbora Strycova.

Petenis Ceko itu tidak pernah mampu mengambil satu set pun dari Halep pada tiga pertemuan sebelumnya dan tidak mampu mengimbangi permainan lawannya di lapangan tengah yang panas terik, ketika petenis Romania itu mengonversi lima peluang breaknya secara beruntun.

Pada pertarungan antara para mantan juara Piala Rogers, Wozniacki tidak memperlihatkan belas kasih ketika ia mengatasi permainan teman baiknya dan unggulan kesepuluh asal Polandia Agnieszka Radwanska dengan skor 6-3, 6-1 dalam pertarungan yang berlangsung selama 78 menit.

Satu-satunya hambatan pada aksinya terjadi ketika petenis Denmark ini memimpin 5-0 di set kedua dan menyia-nyiakan tiga match point.

Bagaimanapun, hal itu hanya menunda hal yang tidak terelakkan, petenis Denmark itu menutup permainan pada kesempatan berikutnya dengan pukulan forehand kemenangan.

"Kami saling mengenal satu sama lain sejak kami berusia lima dan enam tahun maka tidak ada rahasia di sini," kata Wozniacki, yang sekarang akan berhadapan dengan Pliskova di semifinal. "Selalu tidak menguntungkan untuk bermain melawan teman baik di putaran awal namun di saat yang sama, ini adalah bagian dari permainan."

   Osaka mengundurkan diri
Pliskova, yang memainkan turnamen pertamanya sejak secara mengejutkan tersingkir pada putaran kedua di Wimbledon, telah memperlihatkan tanda-tanda kelelahan saat memenangi pertandingan pembukaan melawan Anastasia Pavlyuchenkova, namun ia terlihat lebih seperti petenis peringkat satu dunia saat ia menyapu empat gim secara beruntun untuk memenangi set pertama dari Osaka.   

Namun petenis Jepang itu tidak akan menyerah begitu saja, melakukan duel dengan petenis Ceko itu pada set kedua kemudian mendominasi tiebreak 7-4 untuk menyamakan kedudukan.

Selama changeover, Osaka mengatakan kepada pelatihnya bahwa ia merasa tidak nyaman dan diminta untuk mengundurkan diri jika rasa sakit berlanjut dan menghindari risiko cedera lanjutan.   

Osaka melakukannya, memanggil pelatihnya setelah kehilangan serve untuk membuka set ketiga.

"Ia bermain bagus, khususnya pada set kedua ia berjuang sangat keras, lebih baik daripada set pertama," kata Pliskova, yang memainkan ajang pertamanya sebagai petenis peringkat teratas dunia.

"Saya hanya berusaha mempertahankan permainan, gim pertama set ketiga sangat berat, saya bahkan tidak tahu ia cedera."

Petenis Ceko Lucie Safarova juga menembus delapan besar dengan mengalahkan petenis Rusia Ekaterina Makarova dengan skor 6-3, 6-7(3), 6-2, sedangkan Caroline Garcia asal Prancis mengalahkan petenis AS 18 tahun Catherine Bellis dengan skor 6-4, 6-2. (*)

Pewarta: Supervisor

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017