Surabaya (Antara Jatim) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur siap memfasilitasi pelaksanaan pendidikan vokasi yang bekerja sama dengan "Industrie-und Handelskammer" (IHK) atau Kadin Jerman dengan menyiapkan tempat pendidikan di Kantor Kadin Surabaya.

Direktur Kadin Institute M Alyas di Surabaya, Kamis mengatakan, pelaksanaan pendidikan akan dikoordinir langsung Badan Koordinasi Sertifikasi Profesi (BKSP) dengan menggunakan Kantor Kadin di Surabaya sebagai tempat menyelenggarakan pelatihan.

"Ada banyak ruang pelatihan di sana. Ada ruang pertemuan dengan kapasitas 100 orang dan juga berbagai ruang pelatihan dengan kapasitas kecil," katanya.

Ia menjelaskan, selain terdapat ruang pertemuan juga ada banyak ruang pelatihan berkapasitas 15 orang, sehingga berapapun jumlah peserta pelatihan, fasilitas Kadin siap digunakan.

"Lokasi Kadin Institute sangat strategis karena juga menjadi pusat bisnis khusus bagi asosiasi pengusaha dan profesi, perusahaan anggota Kadin Jatim serta lembaga yang membutuhkan kantor yang representatif," katanya.

Apalagi, kata Alyas, program pendidikan vokasi yang bekerja sama dengan Jerman selaras dengan program yang dicanangkan oleh Kadin Institute, yaitu program pelatihan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). 

Sementara itu pendidikan vokasi akan diikuti oleh guru atau pelatih dari SMK, kalangan dunia usaha serta dunia industri.

"Kadin Jatim sebagai organisasi pelaku dunia industri hanya menyediakan fasilitas yang dibutuhkan, karena tujuannya untuk menunjang perkembangan kualitas SDM, khususnya di Jatim," katanya.

Alyas mengatakan Kadin Institute sebelumnya juga berpengalaman menyelenggarakan pendidikan berupa pelatihan mahasiswa menjadi wirausaha, kewirausahaan, diklat jurnalistik, Ramadhanpreneur dan pendampingan wirausaha SMK.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017