Sumenep (Antara Jatim) - Harga cabai merah kecil biasa di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Kamis, kembali turun dibanding awal pekan ini dari Rp25 ribu per kilogram menjadi Rp18 ribu.

"Sebelumnya, harga cabai kecil pada akhir pekan lalu Rp30 ribu per kilogram dan turun pada awal pekan ini menjadi Rp25 ribu. Saat ini kembali turun lagi menjadi Rp18 ribu," kata Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Sukaris di Sumenep, Kamis.

Saat ini, petani di sejumlah daerah di Sumenep panen cabai kecil dan selanjutnya membuat stok komoditas itu melimpah.

Kondisi tersebut yang diduga membuat harga kulakan cabai kecil turun dan selanjutnya harga jualnya kepada konsumen pun turun.

Selain itu, harga bawang putih juga turun jika dibanding awal pekan ini dari Rp22 ribu per kilogram menjadi Rp20 ribu.

Sesuai hasil pemantauan yang dilakukan staf Disperindag Sumenep, harga komoditas lainnya termasuk cabai besar dan bawang merah, stabil.

Harga cabai besar tetap Rp12 ribu per kilogram dan bawang merah Rp20 ribu.

Harga beras juga tetap pada kisaran Rp8.500 hingga Rp9.500 per kilogram, gula pasir Rp12.500, minyak goreng curah Rp12 ribu, dan mentega curah Rp21 ribu.

Harga sejumlah jenis daging tetap, yakni daging sapi Rp110 ribu per kilogram, daging ayam kampung Rp80 ribu, dan daging ayam broiler Rp30 ribu.

Sementara harga kentang juga tetap Rp13 ribu per kilogram, wortel Rp10 ribu, tomat Rp6 ribu, dan kubis Rp4 ribu.

Staf Disperindag Sumenep memantau harga komoditas setiap hari di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai lokasi pembanding. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017