Surabaya (Antara Jatim) - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Cipta Karya Tata Ruang Pemerintah Kota Surabaya menyatakan pembangunan gedung baru DPRD setempat senilai Rp80 miliar akan dimulai pada September mendatang.
     
Kepala Bidang Pembangunan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Cipta Karya Tata Ruang Kota Surabaya M. Taufik, di Surabaya, Jumat, mengatakan pihaknya saat ini telah menyelesaikan desain pembangunannya gedung baru DPRD yang rencana akan dibangun delapan lantai di sisi barat gedung lama.

"Kami akan mulai meresmikan pendaftaran lelang untuk pengerjaan proyek multiyears ini," katanya.

Menurut dia, pada tahun ini rencanannya akan dibangun tiga lantai dulu dengan anggaran Rp25 milliar dan sisanya akan dilanjutkan tahun depan dengan anggaran Rp35 milliar.

Nantinya gedung baru delapan lantai ini akan difungsikan masing masing lantai akan ada dua ruang fraksi, dimana ada ruang khusus bagi ketua dan anggota fraksi.

Selain itu, gedung lama DPRD yang berdiri tiga lantai juga akan dilakukan renovasi yang nantinya akan difungsikan untuk kantor sekretariat.  Sementara fungsi ruang rapat utama tetap berada di gedung lama yakni di lantai tiga yang digunakan untuk rapat paripurna.

Ketua Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Surabaya Syaifudin Zuhri sebelumnya mengatakan fungsi gedung baru nantinya sebagai ruang rapat terbuka kalangan dewan dengan para konstituen maupun konsultasi dengan para pakar maupun pihak lainnya.

"Jika ada pengaduan masyarakat, anggota dewan kan membutuhkan ruang privasi," ujarnya.

Syaifudin mengatakan kegiatan yang dilakukan para anggota dewan di gedung baru tersebut merupakan bagian dari fungsi kontrol yang dijalankan dalam pelaksanaan pemerintahan.

"Kalau tidak mempunyai ruangan itu, jika bertemu harus keluar rapat dulu, sehingga tidak bisa memaksimalkan fungsi kerjanya," katanya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017