Malang (Antara Jatim) - Musik patrol dan berbagai nuansa ikonik kampung tematik, termasuk puluhan becak hias akan mengiringi kirab Piala Adipura Kencana serta beberapa penghargaan lain yang diraih Kota Malang selama Juli-Agustus 2017 yang rencananya digelar, Kamis (3/8).

Selain Adipura Kencana, beberapa penghargaan lainnya yang diraih Kota Malang adalah Sekolah Adiwiyata Mandiri untuk SMPN 15, SMAN 2 dan SMAN 7 Kota Malang, Kota Layak Anak, serta dinobatkannya Wali Kota Malang Moch Anton sebagai Kepala Daerah Inovatif.  

"Berbagai penghargaan yang telah kita raih dan Adipura Kencana ini sebagai bukti pengakuan dari pemerintah pusat kepada Kota Malang yang dinilai berhasil mewujudkan tata kelola lingkungan yang baik," kata Wali Kota Malang Moch Anton yang dihubungi di Jakarta, Rabu.

Ia berharap dengan adanya kirab sejumlah penghargaan dan Piala Adipura Kencana ini akan semakin memotivasi masyarakat ntuk  terus meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan.

Semenatra itu, Piala Adipura Kencana dan penghargaan lain di bidang lingkungan itu diserahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun 2017 di Plaza Ir Soedjono Soerjo, Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Acara tersebut dilengkapi oleh beberapa rangkaian kegiatan lainnya, seperti Landmark hutan Indonesia, ditanam Presiden, Kemah Generasi Lingkungan untuk Konservasi, Pekan Nasional Perubahan Iklim serta Rapat Kerja Nasional yang bertema "Untuk Hutan, Lingkungan dan Perubahan Iklim Berkeadilan".

Kehadiran Presiden Jokowi didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan,  Siti Nurbaya Bakar serta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian,  Darmin Nasution.

Kota Malang yang masuk sebagai kategori Kota Besar berhasil meraih piala Adipura Kencana bersama 5 kota lainnya, yaitu Kota Balikpapan,  Kota Surabaya, Kota Tangerang,  Kabupaten Kudus dan Kabupaten Jombang.

Selain meraih penghargaan Adipura Kencana, Kota Malang juga meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kota Malang berhasil meraih penghargaan tersebut,  karena inovasi di bidang lingkungan hidup seperti Bank Sampah Malang (BSM), Road Sweeper, Tong Sampah Tematik, Kader 3R, pembangunan pengolahan sampah terpadu, gerakan menabung air hingga revitalisasi taman dan hutan kota.

Sementara itu,  Presiden Joko Widodo berpesan kepada Kementerian LHK dan semua Kepala Daerah agar terus berinovasi dan berkreasi menciptakan berbagai terobosan di bidang lingkungan hidup.  "Kelestarian lingkungan hidup adalah tanggung jawab kita bersama untuk kepentingan anak cucu kita di masa yang akan datang. Oleh karena itu, seluruh kepala daerah wajib menggerakkan masyarakat dan elemen yang ada untuk memperhatikan hal tersebut," ujarnya.

Kirab Adipura Kencana dan penghargaan lainnya itu akan mengambil start di Jalan Ijen 2 dan finish di Balai Kota Malang. Selain Wali Kota Malang Moch Anton, kirab juga akan diikuti oleh Ketua TP PKK Kota Malang Dewi Farida Suryani dan FORKOPIMDA Kota Malang serta seluruh Kepala OPD, Camat, Lurah, dan CSR.

Setelah dikirab, Piala Adipura Kencana akan dibawa ke Balai Kota Malang untuk diserahkan kepada Ketua DPRD Kota Malang. Arif Wicaksono.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017